Pemkab dan MUI tolak kegiatan LGBT di Barito Selatan

id Pemkab dan MUI tolak kegiatan LGBT di Barito Selatan, kalteng, barsel, Barito Selatan, lgbt

Pemkab dan MUI tolak kegiatan LGBT di Barito Selatan

Ketua MUI Barito Selatan, Suriadi Kurnain menyerahkan surat pernyataan sikap kepada Penjabat Bupati terkait penolakan pertemuan LGBT di Barito Selatan di Buntok, Selasa (27/9/2022). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat menolak pertemuan lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) se Kalimantan Tengah yang informasinya akan dilaksanakan di daerah tersebut.

"Kami menolak keras kegiatan pertemuan LGBT yang informasinya akan dilaksanakan di daerah ini," kata penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana usai menghadiri acara pengukuhan pengurus MUI) kabupaten setempat di Buntok, Selasa.

Dikatakannya, pihaknya sudah membahas terkait hal itu dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan berdasarkan hasil rapat, menolak kegiatan pertemuan LGBT yang berdasarkan informasi berkembang akan dilaksanakan di daerah ini.

Menurut dia, berdasarkan informasi, pertemuan komunitas LGBT tersebut disinyalir akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya, namun karena adanya penolakan, pertemuan komunitas LGBT itu bergeser ke Barito Selatan.

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menolak keras pertemuan LGBT yang informasinya akan dilaksanakan di daerah ini," tegas Lisda Arriyana.

Ditanyakan, apakah tindakan yang akan dilakukan apabila komunitas LGBT melakukan pertemuan dan deklarasi secara tersembunyi di Barito Selatan, dia menjawab lantang. Pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah-langkah antisipasi, supaya pertemuan komunitas LGBT tersebut tidak terjadi di Barito Selatan ini.

"Kita melalui forum dan dinas terkait sudah melakukan upaya-upaya antisipasi agar kegiatan pertemuan komunitas LGBT itu tidak terjadi di Barito Selatan," terangnya.

Baca juga: DKPPP Barsel optimalkan program ketahanan pangan bantu kendalikan inflasi

Sementara Ketua MUI Barito Selatan, Suriadi Kurnain mengatakan, pihaknya sudah membuat pernyataan sikap menolak dengan tegas komunitas LGBT melaksanakan pertemuan dan deklarasi di daerah ini

"Aktivitas LGBT dengan segala macam bentuknya itu bertentangan dengan ajaran Islam," jelasnya.

MUI Barito Selatan juga menolak dengan tegas paham atau gerakan yang membolehkan atau mengakui eksistensi LGBT.

Menurutnya, LGBT mengingkari fitrah manusia. Perilaku LGBT merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan fitrah manusia.

Menurut dia, kecenderungan menjadi LGBT adalah menyimpang, sehingga harus direhabilitasi. Pola rehabilitasinya juga dilakukan sesuai dengan faktor yang menyebabkannya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan mengambil langkah-langkah segera menghentikan segala propaganda terhadap normalisasi LGBT.

"Intinya, MUI Barito Selatan menolak dengan keras kegiatan dan aktifitas yang mendukung serta mengkampanyekan maupun aktifitas lainnya yang memberikan ruang berkembangnya LGBT di Barito Selatan ini," demikian Suriadi Kurnain.

Baca juga: Tangani masalah hukum Pemkab dan PDAM kerja sama dengan Kejari Barsel

Baca juga: Tim DPC Demokrat Putra dan Alva Putri juarai turnamen voli AHY Cup Barsel 2022

Baca juga: Ketua DPRD Barsel apresiasi dilaksanakannya operasi bibir sumbing gratis