Wabup dorong OPD Bartim perbanyak inovasi berbasis teknologi

id Pemkab bartim, wabup bartim habib saleh, inovasi pembangunan daerah, tamiang layang, bartim, barito timur

Wabup dorong OPD Bartim perbanyak inovasi berbasis teknologi

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh didampingi Sekda Panahan Moetar menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Diskominfosantik Barito Timur Dwi Aryanto di Tamiang Layang, Rabu, (28/9).  (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh AL Qadri meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terus berinovasi dalam membangun daerah.
 
“Saat ini pemerintah kabupaten perlu meningkatkan kinerja dengan terus melaksanakan inovasi dalam pembangunan daerah, memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Jumat.
 
Menurutnya, inovasi dimaksud agar tercapai dengan baik atau terlaksananya visi dan misi pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Barito Timur 2018-2023.
 
Ditambahkan Habib Saleh, melakukan inovasi dalam pembangunan daerah juga diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 pasal 388 ayat (7) tentang Pemerintah Daerah dan Pasal 22 Ayat (1) dan (2) Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.
 
"Kami berharap bermunculan lagi inovasi-inovasi yang berbasis ilmu teknologi dari OPD lainnya di wilayah Barito Timur,” terangnya.

Baca juga: Pramuka Bartim diminta tingkatkan kontribusi mendukung pembangunan daerah
 
Dia menjelaskan, sebelumnya ada tiga OPD yakni Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) yang mendapat penghargaan atas inovasi yang telah dilaksanakan pihaknya.
 
Diskominfosantik menerima penghargaan karena berhasil melakukan inovasi berupa Sistem Informasi Pengelolaan Retribusi Menara (SIMPERA), dan Bapenda melakukan inovasi kemudahan pelayanan pengurusan BPHTB melalui layanan MY BPHTB.
 
“Sedangkan Bappelitbangda Barito Timur melakukan inovasi Sistem Informasi Anggaran Monitoring, Evaluasi dan Laporan atau disingkat SI AMEL,” tuturnya.
 
Penghargaan Bupati Barito Timur itu diserahkan Wabup Barito Timur Habib Saleh secara langsung kepada Kepala Diskominfosantik Dwi Aryanto, Kepala Bapenda Herawani dan Kepala Bappelitbangda Frans Sila Utama.

Baca juga: Pemkab Bartim segera berlakukan jam malam untuk pelajar

Baca juga: ANBK sejumlah SMP di Bartim masih terkendala

Baca juga: DPRD Bartim minta hasil reses jadi acuan APBD 2023