Pacu kembali pembangunan di Kobar, kata Waket DPRD Kalteng

id Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, wakil ketua DPRD Kalteng, hut kob

Pacu kembali pembangunan di Kobar, kata Waket DPRD Kalteng

Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak (kanan tiga) usai mengikuti upacara HUT Kobar ke-63 di Pangkalan Bun, Senin (3/10/2022). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mengakui bahwa pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat beberapa tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari sisi infrastruktur, perekonomian, kehidupan sosial masyarakat serta lainnya.

Pesatnya kemajuan pembangunan di kabupaten ini turut memberikan dampak positif terhadap perkembangan Kalteng, kata Abdul Razak usai mengikuti peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Kobar ke-63 di Pangkalan Bun melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Senin.

"Kobar ini kan salah satu daerah penyangga ekonomi di Kalteng. Apalagi di daerah ini banyak perusahaan perkebunan, ada pelabuhan, dan lainnya. Jadi, memang perkembangan pembangunannya berdampak besar juga bagi Kalteng," ucapnya.

Meski begitu, Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kobar, Sukamara dan Lamandau itu tetap berpesan kepada Pemkab Kobar, agar kembali memacu pembangunan, terkhusus perekonomian masyarakat. Sebab, sejak adanya pandemi COVID-19, perekonomian masyarakat mengalami banyak kendala, terkhusus saat adanya pembatasan aktivitas oleh pemerintah pusat.

Dia mengatakan, awal terjadi pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu memang memberi dampak kurang baik bagi seluruh daerah, khususnya dalam upaya pemerintah melaksanakan program pembangunan Hal inilah yang kemudian menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh pemerintah daerah untuk mempercepat program-program pembangunannya, setelah sebelumnya terhambat akibat bencana non alam tersebut.

"Alhamdulillah sekarang kita sudah sama-sama bisa bangkit, baik di pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota. Sekarang tinggal dipacu saja lagi. Pandemi COVID-19 kan sudah mulai melandai," demkian Razak.

Baca juga: Gubernur Kalteng sampaikan empat pesan penting di HUT Kobar ke-63

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berpesan kepada Pemkab Kobar, agar meningkatkan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mensejahterakan masyarakat dan peningkatan PAD. Peningkatan landasan pacu bandar udara Iskandar juga harus kembali diupayakan, karena bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan peningkatan kunjungan wisatawan. 

Dirinya juga mengingatkan agar peran perusahaan besar swasta dalam berkontribusi optimal mensejahterakan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar perkebunan perusahaan tersebut. 

"Tak lupa saya ingatkan Pemkab Kobar harus terus mempertahankan capaian-capaian yang sudah di raih dan terus melakukan inovasi-inovasi dalam pembangunan kobar lebih maju lagi," demikian Sugianto melalui sambutan yang dibacakan Pj Bupati Kobar Anang Dirjo.

Baca juga: APBD-P 2022 segera disahkan, DPRD dan Pemprov Kalteng bahas RKA

Baca juga: Uji pengetahuan terkait legislatif, Waket DPRD Kalteng bagi-bagi hadiah ke mahasiswa

Baca juga: DPRD Kalteng paparkan tupoksi legislatif ke ratusan mahasiswa Fisipol UPR