Pemkab Bartim berharap Pemprov Kalteng akomodasi pembangunan jalan lingkar luar

id jalan lingkar luar bartim, bartim, bupati barito timur, ampera ay mebas, Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Barito Timur

Pemkab Bartim berharap Pemprov Kalteng akomodasi pembangunan jalan lingkar luar

Bupati Bartim Ampera AY Mebas saat diwawancarai di Tamiang Layang, kemarin. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur berharap usulan pembangunan infrastruktur berupa jalan lingkar luar di Kecamatan Dusun Tengah, dapat  diakomodasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Jalan tersebut sangat strategis untuk dibangun karena akan memudahkan masyarakat sekaligus masuk areal rencana pembangunan Rumah Sakit Pratama dan Universitas Barito Raya, kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin.

"Jadi, kami sangat berharap pemprov bisa merealisasikan usulan pembangunan jalan lingkar luar itu," ucapnya.

Dikatakan, pembangunan jalan lingkar itu juga diproyeksikan sebagai jalan alternatif dalam mengatasi kepadatan lalu lintas di wilayah Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah.

Upaya yang sudah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Barito Timur yakni membuka badan jalan lingkar luar bekerjasama dengan Kodim 1012 Buntok melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada tahun 2016 lalu.

"Sedangkan untuk pembangunan jalan di wilayah Sungku Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah melalui Pemkab Barito Timur dengan mengalokasikan peningkatan berupa pengaspalan di tahun 2023 nanti," kata Ampera.

Baca juga: Wabup Bartim: Hari Kesaktian Pancasila sarana memperkokoh persatuan dan kesatuan

Pria kelahiran 3 Agustus 1967 itu menjelaskan, jalan lingkar luar memiliki nilai yang cukup strategis dalam menunjang berbagai aspek pembangunan seperti kemudahan dalam menciptakan lalu lintas yang aman dan nyaman bagi masyarakat serat memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil perkebunan maupun pertanian.

Tambah orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu, untuk pembangunan jalan lingkar luar di Kecamatan Dusun Timur saat ini dalam tahap peningkatan dan ditargetkan selesai 2023 nanti.

"Kita berharap jalan lingkar luar di Kecamatan Dusun Tengah juga bisa terakomodasi dan bisa selesainya bersamaan dengan jalan lingkar luar di Kecamatan Dusun Timur pada 2023 mendatang," demikian Ampera.

Baca juga: Wabup dorong OPD Bartim perbanyak inovasi berbasis teknologi

Baca juga: Pramuka Bartim diminta tingkatkan kontribusi mendukung pembangunan daerah

Baca juga: Pemkab Bartim segera berlakukan jam malam untuk pelajar