Seratus lebih peserta ikuti tes CAT panwaslu kecamatan di Murung Raya

id Panwascam murung raya, bawaslu murung raya, pemilu 2024, puruk cahu, murung raya

Seratus lebih peserta ikuti tes CAT panwaslu kecamatan di Murung Raya

Ketua Bawaslu Murung Raya Rudy Hartono memantau pelaksanaan tes tertulis panwaslu kecamatan di SMPN 1 Murung di Puruk Cahu, Sabtu, (15/10/2022). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah menggelar ujian atau tes bagi calon panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslu kecamatan) di SMPN 1 Murung, Puruk Cahu, Sabtu.
 
"Pelaksanaan tes ini merupakan salah satu rangkaian seleksi bagi para pelamar yang sudah dinyatakan lulus administrasi," kata Ketua Bawaslu Murung Raya Rudy Hartono, melalui Koordinator Divisi SDM Organisasi Data dan Informasi Heti Helpinon.
 
Setidaknya ada sebanyak 118 peserta calon panwaslu kecamatan yang mengikuti seleksi  tertulis berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). Soal tes tertulis yang dilaksanakan secara daring itu berasal dari pusat dengan jumlah 100 soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit setiap sesi.
 
"Tes ini kami bagi dalam empat sesi. Sesi satu sampai sesi tiga diikuti sebanyak 30 peserta, sedangkan untuk sesi empat diikuti 28 peserta. Tes tertulis ini dilaksanakan hanya satu hari dimulai pukul 08.00 WIB tadi sampai selesai," ujar Heti.

Baca juga: Liangsoi resmi dilantik sebagai PAW Anggota DPRD Murung Raya
 
Secara garis besar, Heti mengatakan soal yang wajib dijawab peserta bakal calon panwaslu kecamatan untuk pelaksanaan Pemilu 2024, yakni seputar Pancasila dan tentang kepemiluan dan studi kasus dalam pemilu tersebut.
 
Dijelaskannya, dari hasil tes tertulis tersebut akan diambil enam orang dengan nilai tertinggi untuk tiap kecamatan yang kemudian beberapa hari ke depan kembali akan menjalani tes wawancara.
 
Dalam menjawab soal, Heti berpesan supaya peserta serius mengikuti tes tertulis dengan harapan Bawaslu Murung Raya, mendapatkan panwaslu kecamatan yang berintegritas dan memiliki loyalitas yang tinggi dalam pelaksanaan tugas nantinya.
 
"Pesan kita supaya serius dalam mengikuti tes ini, dan berharap peserta yang terpilih berintegritas, profesional, dan bertanggung jawab dalam hal tupoksi pekerjaan, serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan," demikian Heti.

Baca juga: Kinerja bupati dan kebijakan Pusat pendorong naiknya APBD Murung Raya di 2023

Baca juga: Proyeksi APBD 2023 Murung Raya mencapai Rp1,9 triliun