Wabup Kapuas ingatkan Panwascam harus jaga profesionalitasnya

id Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor, kapuas, kalteng, panwascam di kapuas, panwascam kapuas, panwascam diminta profesional

Wabup Kapuas ingatkan Panwascam harus jaga profesionalitasnya

Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, memberikan sambutan pada pelantikan 51 anggota panwaslu kecamatan terpilih hasil seleksi untuk Pemilu 2024, di Kuala Kapuas,Selasa (27/10/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor mengingatkan sekaligus meminta kepada anggota panwaslu kecamatan terpilih, agar dalam melaksanakan tugas yang demikian komplek dan berat, harus tetap memiliki dan menjaga integritas sekaligus profesionalitasnya.

"Salah satu asas pemilu adalah Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil, inilah tugas Pengawas Pemilu untuk mewujudkannya," kata Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini, saat menghadiri prosesi pelantikan 51 anggota panwaslu kecamatan terpilih hasil seleksi untuk Pemilu serentak 2024, di salah satu Aula Hotel di Kuala Kapuas.

Nafiah mengucapkan terima kasih karena proses tahapan pemilu di Kabupaten Kapuas telah berjalan sesuai regulasi. Sebab, Panwaslu Kecamatan yang hari ini resmi dilantik merupakan bagian perangkat penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, sehingga tahapan-tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Ia juga mengingat panwaslu kecamatan adalah ujung tombak pengawasan ditingkat kecamatan, dalam bekerja panwaslu kecamatan harus memiliki kemampuan menjalankan amanah semangat pengawas yang tercantum dalam slogan SIM-P (Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas).

"Jadi, saya berpesan kepada seluruh anggota panwaslu kecamatan yang baru dilantik serta seluruh hadirin yang hadir, mari bersama-sama kita mengawal Pemilihan Umum serentak Tahun 2024 kali ini agar menjadi pemilu yang menjunjung tinggi asas Demokrasi, Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil," ajak Nafiah.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng dukung kemajuan sepak bola mini di Kapuas

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas, Iswahyudi Wibowo, mengatakan, apapun kondisinya hari ini adalah hasil yang terbaik dari proses seleksi di setiap kecamatan. Itu yang harus dihargai dari sekian banyak pemerhati demokrasi dalam mengawal demokrasi yang mengabdi dalam lembaga ini.

Bawaslu berharap, pasca pelantikan ini mereka segera membentuk ketua dan divisi serta segera melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan.

"Diharapkan bisa bersinergi dengan Forkopimcam dan semua pihak di wilayah mereka, sehingga dalam melakukan proses pengawasan bisa bekerjasama dengan semua pihak," demikian Iswahyudi.

Baca juga: DPRD Kapuas minta pemkab segera serahkan draf KUA-PPAS APBD 2023

Baca juga: DPRD Kapuas dukung pembangan hortikultura dan perikanan

Baca juga: Bintang vokalis qasidah dewasa putri asal Kapuas juara pertama FSQ Kalteng