Pj Bupati: Porkab 2022 ajang tingkatkan prestasi olahraga Barsel

id Porkab barito selatan 2022, Porkab barsel 2022, Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana, Barito Selatan, barsel, kalteng

Pj Bupati: Porkab 2022 ajang tingkatkan prestasi olahraga Barsel

Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana didampingi Ketua KONI Barsel Idariani menyerahkan piala bergilir kepada ketua panitia Porkab DR Manat Simanjuntak pada acara pembukaan Porkab Barsel 2022 di Stadion Buntok, Sabtu malam (19/11). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana mengajak semua pihak yang terlibat di Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab), memanfaatkan sekaligus menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang meningkatkan prestasi olahraga di daerah ini.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini kan untuk mencari bibit-bibit berprestasi dari enam kecamatan yang ada di kabupaten ini," katanya pada saat pembukaan Porkab Barsel 2022 yang berlangsung di Stadion Batuah Buntok, Sabtu malam.

Dirinya juga meminta kepada seluruh atlet dari enam kecamatan yang mengikuti Porkab Barsel 2022 ini, dapat menjunjung tinggi sportivitas guna mendapatkan prestasi terbaik. Sebab, porkab yang pertama kali dilaksanakan ini merupakan persiapan dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur pada Juli 2023 mendatang.

"Porkab ini dilaksanakan dalam upaya untuk lebih meningkatkan prestasi, sebab prestasi atlet Barito Selatan pada even olahraga tingkat provinsi sebelumnya masih kurang maksimal, karena dalam mempersiapkan atletnya dengan waktu singkat," kata Lisda.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya porkab tersebut, prestasi olahraga dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga atlet Barito Selatan bisa mengharumkan nama daerah di ajang olahraga tingkat provinsi maupun ditingkat nasional.

"Kita sangat menyambut baik dilaksanakannya Porkab dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel telah menyepakati untuk dianggarkannya pelaksanaan pekan olahraga tingkat kabupaten ini," tambah dia.

Penjabat Bupati Barsel itu turut mengingatkan kepada seluruh wasit, agar dapat bekerja secara profesional dengan tidak memihak tim manapun, sebab ini merupakan ajang seleksi guna mendapatkan atlet yang terbaik.

Disamping itu, ia juga sangat bersyukur dengan terlaksananya porkab 2022, karena melalui kegiatan yang dilaksanakan ini akan membantu menambah pendapatan bagi UMKM di wilayah setempat.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Barito Selatan, Idariani menyampaikan bahwa porkab ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan semenjak organisasi KONI terbentuk di wilayah setempat.

"Bagi atlet yang meraih prestasi terbaik dalam porkab tersebut akan menjadi utusan Barito Selatan untuk mengikuti porprov pada Juli 2023 mendatang," katanya

Jadi, tegas Idariani, tidak ada lagi asal pilih atlet yang akan mengikuti ajang olahraga tingkat provinsi, karena melalui porkab ini sebagai ajang seleksinya.

Pada kesempatan itu, Idariani juga mengucapkan terima kasih kepada penjabat bupati yang telah merespon cepat keinginan KONI Barito Selatan untuk melaksanakan porkab.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada tim badan anggaran DPRD yang juga menyetujui dianggarkannya kegiatan Porkab Barsel 2022," tambah Idariani yang juga anggota DPRD Barito Selatan dari partai Demokrat itu.
Penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana memukul gong tanda dimulainya Porkab Barsel 2022 di Stadion Buntok, Sabtu malam (19/11). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Sedangkan ketua panitia, DR Manat Simanjuntak menambahkan, untuk jumlah atlet dan official dari enam kecamatan yang mengikuti Porkab Barsel 2022 ini sebanyak 525 orang.

"Adapun olahraga yang akan diperlombakan dalam porkab ini sebanyak 11 cabang olahraga yakni bulu tangkis, pencak silat, catur, sepakbola, futsal, voly, tenis meja, atletik, karate, bilyard dan panahan," jelasnya.

Acara pembukaan yang berlangsung di Stadion Batuah Buntok tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Berdasarkan pantauan, meskipun hujan, kegiatan tersebut dihadiri ribuan orang penonton yang memadati stadion Batuah Buntok.

Dalam acara pembukaan porkab Barsel 2022 itu, atlet dan official dari enam kecamatan melakukan defile dan sebelumnya juga ditampilkan kreasi generasi muda di wilayah setempat.

Setelah itu ribuan penonton dihibur dua artis yang pernah mengikuti ajang KDI yakni Meisya Anggraini asal Kota Palangka Raya dan Waldi Mahendra asal Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan.


Baca juga: Pj Bupati Barsel: Perkuat sinergi wujudkan pilkades aman dan damai

Baca juga: Kendalikan inflasi, Pemkab Barsel beri bantuan kepada pembudidaya ikan

Baca juga: Pj Bupati Barsel: FSQ mampu mengubah sikap dan tingkah laku generasi muda