Pj Bupati Barsel: Perkuat sinergi wujudkan pilkades aman dan damai

id Pemkab barito selatan, pj bupati barsel lisda arriyana, pilkades serentak 2022, pengamanan pilkades, polres barsel, buntok, barsel, barito selatan

Pj Bupati Barsel: Perkuat sinergi wujudkan pilkades aman dan damai

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana bersalaman dengan personel saat apel gelar dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak 2022 yang berlangsung dihalaman Mapolres Barsel di Buntok, Selasa, (15/11/2022). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Lisda Arriyana meminta pemangku kepentingan di wilayah setempat, memperkuat sinergi dalam upaya mewujudkan pemilihan kepala desa serentak agar berjalan dengan aman, lancar dan damai.

"Karena pada 17 November 2022 akan dilaksanakan pilkades di 17 desa yang tersebar di lima kecamatan," katanya di Buntok, Selasa.

Dikatakannya, pilkades serentak 2022 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing wilayah pelaksanaan.

Menurut dia, hal itu disebabkan adanya upaya maksimal dari masing-masing calon kepala desa dalam berkompetisi secara ketat meraih suara sebanyak-banyaknya, untuk memenangkan pilkades di desa masing-masing.

"Dalam kacamata keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas), peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentu dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan," terangnya.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Polres Barito Selatan yang berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pilkades serentak dapat berjalan aman, lancar, dan damai.

Baca juga: Kendalikan inflasi, Pemkab Barsel beri bantuan kepada pembudidaya ikan

Lisda juga menyampaikan, apel gelar dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak, bertujuan untuk memaksimalkan kesiapan personel sebelum diterjunkan melaksanakan pengamanan.

"Dengan adanya pergeseran pasukan pengamanan tersebut, diharapkan pelaksanaan pilkades serentak di daerah ini bisa terlaksana dengan aman, lancar dan damai serta berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," jelas Lisda Arriyana.

Sementara itu Kapolres Barito Selatan, AKBP Yusfandi Usman menambahkan, untuk jumlah personel kepolisian yang diturunkan untuk pengamanan pilkades di 17 desa yang tersebar di lima kecamatan sebanyak 90 orang.

"Disamping anggota Kepolisian, kita juga dibantu personel dari Kodim 1012 Buntok untuk pengamanan pelaksanaan pilkades pada 17 November 2022 nanti," tambahnya.

Yusfandi Usman berharap, pilkades serentak ini berjalan dengan aman, tentram dan diimbau kepada seluruh calon kepala desa harus legowo apabila kalah dalam pemilihan nantinya.

"Bagi calon yang menang jangan terlalu percaya diri, karena bagi calon yang menang tugasnya harus melayani masyarakat di desa masing-masing," demikian Yusfandi Usman.

Baca juga: Sebanyak 129 peserta ikuti seleksi atlet dayung Barito Selatan