Kapolres Barsel lakukan peninjauan, pastikan kesiapan pilkades serentak

id Pemkab barsel, polres barsel, kapolres barito selatan, akbp yusfandi, pilkades serentak barito selatan, buntok, barsel, barito selatan, calon kepala d

Kapolres Barsel lakukan peninjauan, pastikan kesiapan pilkades serentak

Kapolres Barito Selatan, AKBP Yusfandi Usman usai melaksanakan pertemuan dengan pemerintahan desa, panitia pilkades serta calon kepala Desa Panarukan, Kecamatan Dusun Utara, Kamis sore (10/11). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah, AKBP Yusfandi Usman melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di sejumlah desa di wilayah setempat.

"Dalam kegiatan ini, kita melakukan pengecekan persiapan pemerintahan desa dan panitia pilkades terkait pelaksanaan pilkades pada 17 November 2022 nanti," katanya usai mengunjungi sejumlah desa yang akan melaksanakan pilkades di Kecamatan Dusun Utara, Kamis.

Dikatakannya, saat pengecekan tersebut, pihaknya bertemu dengan calon kepala desa yang menjadi peserta pilkades. Termasuk mengecek kesiapan aparat keamanan dari Polsek maupun Koramil dalam melaksanakan pengamanan pilkades.

Dia menjelaskan tujuan pengecekan untuk mengetahui secara langsung potensi kerawanan keamanan, supaya bisa diambil langkah segera, sehingga kerawanan keamanan itu tidak terjadi.

"Dalam kegiatan ini, kita juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat desa yang akan melaksanakan pilkades untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Baca juga: Generasi muda di Barito Selatan diajak teladani perjuangan pahlawan

Dia mengatakan, keamanan dan ketertiban masyarakat penting untuk selalu dijaga, supaya suasana bisa tetap kondusif, sehingga pelaksanaan pilkades berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Karena, melalui pilkades ini, masyarakat terbuka belajar bagaimana berdemokrasi dan bagi calon kepala desa harus siap menang dan siap kalah," terangnya.

Berdasarkan hasil pengecekan, pelaksanaan pilkades serentak, dia mengatakan Insha Allah semua berjalan dengan kondusif. Pihaknya juga dalam pertemuan tersebut meminta kepada calon kepala desa, agar bisa merangkul pendukung masing-masing untuk tidak emosi dan bisa menerima hasil keputusan yang akan terjadi nantinya.

Bagi calon kepala desa yang menang atau yang terpilih dalam pilkades nantinya diharapkan bisa membangun desanya masing-masing.

"Juga diharapkan bisa melayani warganya masing-masing dan mampu menjadi contoh terbaik bagi masyarakat," demikian Yusfandi Usman.

Dalam pengecekan kesiapan pilkades ke Desa Danau Bambure, Hingan dan Panarukan di Kecamatan Dusun Utara tersebut, Kapolres Barsel didampingi jajarannya.

Baca juga: Polres Barsel ungkap kasus penggelapan CPO