Polresta Palangka Raya larang masyarakat membakar petasan saat pergantian tahun

id Polresta Palangka Raya,Kombes Pol Budi Santosa,Petasan,Kembang Api,Larangan Nyalakan Petasan,Malam Pergantian Tahun,Polresta Palangka Raya larang masy

Polresta Palangka Raya larang masyarakat membakar petasan saat pergantian tahun

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa (kiri) berbincang dengan salah seorang warga saat menghadiri kegiatan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng di Jalan RTA Milono Km 3, Selasa (27/12/2022). ANTARA/Adi Wibowo  

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melarang masyarakat di daerah itu membakar petasan pada malam pergantian tahun 2022-2023.

"Apabila petasan daya ledak tinggi dilarang untuk dinyalakan saat pesta malam pergantian tahun. Yang boleh itu kembang api, sedangkan petasan berdaya ledak tinggi itu tidak boleh dinyalakan," kata Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa, Rabu,

Budi menjelaskan, kembang api yang boleh dinyalakan tersebut adalah kembang api yang kriterianya sudah ditentukan. Apabila di luar ketentuan aturan, maka tidak boleh dinyalakan.

Apabila masyarakat tetap membakar petasan dikhawatirkan akan berakibat fatal dan dapat merugikan masyarakat luas. Maka dari itu ketika masyarakat hendak menyalakan kembang api, diharapkan  benar-benar dipandu agar hal-hal negatif tidak terjadi.

"Untuk kembang api yang boleh dinyalakan itu tidak boleh melebihi dua inchi, karena daya ledaknya cukup tinggi dan bisa mengganggu masyarakat," ucapnya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu mengungkapkan, dalam beberapa hari ini personelnya akan melakukan pengawasan dengan mengecek tempat-tempat agen atau distributor penjualan kembang api atau petasan yang berada daerah setempat.

Baca juga: KPU Kalteng terima syarat dukungan bakal calon DPD RI

Pengawasan tersebut dilakukan, guna mengetahui apakah mereka menjual sudah sesuai aturan apa tidak. Ketika ada oknum agen yang menjual tidak sesuai aturan, tentunya akan dilakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku.

"Nanti personel kami akan melakukan pengecekan ke sejumlah distributor dan agen terkait penjualan kembang api atau petasan. Selain itu pula personel juga akan menanyakan terkait penjualannya sudah sesuai atau tidak," bebernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, mendekati malam pergantian tahun, sejumlah pedagang petasan dadakan mulai menjamur di jalan-jalan strategis yang ada di 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya.

Tidak sedikit masyarakat yang saat ini terlihat sudah membeli kembang api maupun petasan berdaya ledak sedang, untuk dinyalakan di komplek kediamannya masing-masing.

Namun dalam penjualan kembang api tersebut, belum diketahui apakah mereka sudah mengantongi izin atau belum dari instansi terkait.

Baca juga: Fisipol UMPR buka program studi baru Bisnis Digital

Baca juga: Pemkot Palangka Raya bantu klotok tunjang transportasi guru di pinggiran

Baca juga: Fairid serahkan perahu dan dana operasional bagi guru di pelosok