Legislator Kalteng minta kenaikan perjalanan haji dijelaskan sampai ke pelosok

id biaya haji, kenaikan biaya haji, Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Rusita Irma, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng minta kenaikan perjalanan haji dijelaskan sampai ke pelosok

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Rusita Irma. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Rusita Irma berharap penyelenggara haji, terkhusus Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Indonesia, memberikan penjelasan secara jelas dan terperinci terkait nilai manfaat dana haji yang telah disetorkan masyarakat, utamanya umat muslim selama ini.

Pemerintah ataupun pihak-pihak penyelenggara haji Indonesia juga perlu menyampaikan secara jelas dan transparan serta sampai ke pelosok-pelosok terkait besaran biaya perjalanan haji, kata Irma di Palangka Raya, kemarin.

"Jadi, seluruh masyarakat , bahkan yang tinggal di pelosok-pelosok dapat mengetahui dan memahami adanya wacana menaikkan biaya perjalanan haji," ucapnya.

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kalteng itu pun menegaskan bahwa dirinya bukan bermaksud mempermasalahkan kenaikan biaya perjalanan haji. Namun, besaran kenaikan yang dua kali lipat atau dari Rp39,8 juta per jamaah sekali jalan menjadi Rp69,1 juta, membuat Umat muslim Indonesia semakin sulit untuk memenuhi salah satu rukun wajib ini.

Irma mengatakan sekarang ini perekonomian sebagian besar masyarakat Indonesia masih relatif sulit dan masih dalam pemulihan pasca terjadinya bencana COVID-19. Sebab, selama tiga tahun terakhir aktivitas masyarakat terbatasi akibat pandemi COVID-19.

"Kami berharap agar besaran kenaikan biaya naik haji dievaluasi lagi. Jangan sampai ada yang batal naik haji hanya karena terbentur biaya tinggi. Padahal sudah antrean lama menunggu giliran untuk berangkat haji," kata dia.

Baca juga: Bermanfaat, DPRD Kalteng minta program mahasiswa magang dipertahankan

Selain biaya perjalanan haji, Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas itu juga menyoroti layanan kepada jamaah calon haji Indonesia dari mulai berangkat hingga kembali ke tanah air. 

Anggota Komisi I DPRD Kalteng ini juga berharap agar keberangkatan calon jemaah haji asal Kalteng bisa berangkat dan datang dengan aman, nyaman dan lancar.

"Layanan bagi jemaah haji agar benar-benar di perhatikan, utamanya segi kesehatan, makanan dan transportasi," demikian Irma.

Baca juga: DPRD Kalteng: Komisioner KPU terpilih harus jujur dan bisa jaga independensi

Baca juga: Seluruh Fraksi di DPRD Kalteng setuju melanjutkan pembahasan dua raperda

Baca juga: DPRD Kalteng ajak masyarakat pelihara rasa nasionalisme lewat budaya