Disbudpora Kapuas dan IUB kembangkan olahraga tradisional Manyipet

id Disbudpora Kapuas ,manyipet,menyumpit,IUB,bakumpai,kalteng,kapuas,kuala kapuas

Disbudpora Kapuas dan IUB kembangkan olahraga tradisional Manyipet

Jajaran Disbudpora Kabupaten Kapuas, berasama pengurus IUB Kapuas, foto bersama usai perkenalkan olahraga tradisional manyipet atau menyumpit di Disbudpora setempat, Selasa (7/2/2023). ANTARA/HO-Disbudpora Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah akan bekerja sama dengan Pengurus Itah Uluh Bakumpai (IUB) untuk mengembangkan olahraga tradisional manyipet atau menyumpit.

"Program ke depan agar pembinaan dan pelatihan manyipet bagi generasi muda akan dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit manyipet trampil, unggul dan berprestasi yang juga bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional," kata Plt Kadisbudpora Kabupaten Kapuas, Agusthe, S, di Kuala Kapuas, Rabu.

Hal itu disampaikan, saat menerima kunjungan dan silahturahmi pengurus IUB Kabupaten Kapuas, ke Kantor Disbudpora setempat, untuk memperkenalkan olahraga trandisional manyipet atau menyumpit.

Agusthe, S. yang didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora kabupaten setempat, Ivan menyampaikan sangat mendukung kerjasama pengembangan olahraga tradisional tersebut di daerah setempat.

“Dengan adanya Kemitraan bersama IUB akan membantu pemerintah di leading sektor Disbupora dalam menyaring bibit-bibit unggul bakal manyipet berprestasi mengharumkan nama baik daerah di tingkat provinsi maupun nasional dan internasional,” harapnya.

Dikatakannya, dalam kerja sama pengembangan ini, pengurus IUB menyampaikan sangat beterima kasih atas kerja sama serta kedatangan mereka ke Kantor Disbudpora kabupaten setempat, disambut dengan baik.

"Mereka mengharapkan kerja sama ini dapat terus di dukung, sehingga olahraga tradisional ini dapat dikenal oleh kalangan generasi muda di daerah kita. Tentunya kami sangat mendukung dengan adanya olahraga ini," ucapnya.

Disbudpora sendiri dalam hal ini tidak hanya mengembangkan di bidang olahraga saja, akan tetapi pihaknya akan terus menggali kearifan lokal budaya serta potensi daya tarik wisata yang ada di daerah setempat.

"Kami juga mohon dukungan dari masyarakat dalam pengembangan kearifan lokal budaya serta wisata yang ada di Kabupaten Kapuas ini," demikian Agusthe, S.