FKIP UMPR-Pemkab Seruyan kolaborasi tingkatkan kualitas guru

id Umpr, universitas muhammadiyah palangkaraya, jurnal terakreditasi, karya tulis ilmiah, KTI, fkip umpr, kuala pembuang, seruyan, dinas pendidikan seruy

FKIP UMPR-Pemkab Seruyan kolaborasi tingkatkan kualitas guru

FKIP UMPR melaksanakan lokakarya penulisan karya tulis ilmiah bagi guru di kabupaten Seruyan, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-FKIP UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP UMPR) dan Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) berkolaborasi tingkatkan kualitas guru di kabupaten setempat.

"Kerja sama ini kami fokuskan pada pelaksanaan workshop (lokakarya) penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi 80 guru di Seruyan," kata Dekan FKIP UMPR Hendri di Palangka Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, melalui lokakarya itu, pihaknya berharap, setiap guru mampu membuat karya tulis ilmiah yang bisa dipublikasikan pada jurnal terakreditasi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

"Kegiatan lokakarya penulisan karya tulis ilmiah ini diisi oleh pemateri M Andi Setiawan selaku dosen FKIP UMPR," terang Hendri.

Saat ini, FKIP UMPR, di antaranya memiliki Jurnal Terakreditasi Sinta Yaitu Jurnal Pedagogik (Jurnal Pendidikan), Jurnal Tunas (Jurnal Prodi PGSD), Jurnal Bitnet (Jurnal Prodi Pendidikan Teknologi Informasi), Jurnal Neraca (Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi) dan Jurnal Suluh (Jurnal Bimbingan dan Konseling).

Pada kegiatan itu, Dekan FKIP UMPR beserta rombongan, turut disambut Sekretaris Dinas Pendidikan Seruyan Kastam yang sekaligus membuka lokakarya pelatihan penulisan KTI.

Baca juga: FAI UMPR-Ponpes Al Furqan kolaborasi pembelajaran-pengkaderan

Di sisi lain, pihaknya berharap Dinas Pendidikan setempat dapat membantu dan mendukung pihaknya dalam Program Penjaringan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2023/2024.

Saat ini FKIP UMPR memiliki empat program studi yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ekonomi, S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan S-1 Bimbingan dan Konseling dan S-2 Pendidikan Dasar.

Sementara itu Sekretaris Disdik Seruyan, Kastam menyambut baik program peningkatan kualitas sumber daya guru melalui lokakarya penulisan karya tulis ilmiah tersebut. Diharapkan kualifikasi pangkat maupun golongan tenaga guru di Seruyan semakin meningkat.

Pelatihan itu juga sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi guru, terutama yang ingin mengurus kenaikan pangkat dari golongan IV/A ke atas. Apalagi, salah satu syaratnya, harus memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi.

"Program tim FKIP UMPR yang datang ke Kuala Pembuang untuk mengajarkan guru-guru menulis karya tulis ilmiah ini sangat penting. Salah satunya guna keperluan kualifikasi kenaikan pangkat mereka," katanya.

Baca juga: UMPR hadirkan konsep perkuliahan kolaboratif

 

Baca juga: UMPR-Dinas Perkebunan Kalteng kolaborasi sukseskan program pemerintah

 

Baca juga: UMPR gelar pelatihan eksistensi diri bagi siswa SMK