Satpol PP-Damkar Katingan raih penghargaan tingkat nasional

id Satpol pp katingan raih penghargaan nasional, satpol pp katingan dan damkar, Karya Bhakti Satpol PP, mendagri, menteri dalam negeri, kasongan, katinga

Satpol PP-Damkar Katingan raih penghargaan tingkat nasional

Kepala Satpol PP dan Damkar Katingan, Pimanto (kanan) menerima piagam penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo di Makasar, Kamis (2/3/2023). (ANTARA/Satpol PP-Damkar Katingan)

Kasongan (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, berhasil meraih penghargaan tingkat nasional yakni Karya Bhakti Satpol PP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Suatu kebanggaan yang luar biasa bagi Satpol PP dan Damkar Kabupaten Katingan atas penghargaan Karya Bhakti Satpol PP ini," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Katingan, Pimanto sebagaimana disampaikan Sekretaris Budiman Lumban Gaol di Kasongan, Sabtu.

Budiman menjelaskan, Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP diberikan kepada kepala Satpol PP yang sangat berhasil, kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Hal itu sesuai dengan amanat Pasal 20 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2013 tentang Pemenuhan Hak Pegawai Negeri Sipil Penyediaan Sarana dan Prasarana Minimal, Pembinaan Teknis Operasional dan Penghargaan Satuan Polisi Pamong Praja.

Piagam Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP diberikan hanya kepada 12 daerah yang terdiri dari empat pemerintah provinsi, lima pemerintah kabupaten dan tiga pemerintah kota.

Baca juga: Bupati Katingan minta seluruh OPD teknis proaktif kawal usulan APBN

Penyerahan penghargaan diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo pada rapat koordinasi nasional (rakornas) HUT Satpol PP ke-73 dan Satlinmas ke-61 dan diterima langsung Kepala Satpol PP dan Damkar Katingan, Pimanto.

Kegiatan yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (2/3) mengusung tema "Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satpol PP dan Satlinmas yang Profesional".

"Kami sangat bersyukur dan bangga bisa mengharumkan nama Kalimantan Tengah dan khususnya Katingan di kancah nasional. Bagaimana tidak, dari 548 Satpol PP provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, Katingan salah satu dari 12 daerah yang meraih penghargaan Karya Bhakti Satpol PP," ucapnya.

Rakornas kali ini menjadi istimewa karena selama dua tahun belakangan digelar secara sederhana dan virtual. Gelaran Rakornas juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pola operasi bagi Satpol PP dan Satlinmas di daerah, terutama dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak di Tahun 2024.

"Semoga piagam penghargaan ini menjadi motivasi terbaik bagi jajaran Satpol PP dan Damkar Katingan untuk mempertahankan serta meningkatkan lagi pelayanan masyarakat dalam penegakan perda dan perkada, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat," tutup Budiman Lumban Gaol.

Baca juga: Pemerintah laksanakan operasi pasar SPHP beras di Katingan