Pemkab Katingan terapkan empat strategi kendalikan inflasi

id Pemkab Katingan terapkan empat strategi kendalikan inflasi, kalteng, karingan, kasongan

Pemkab Katingan terapkan empat strategi kendalikan inflasi

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Eka Surya Dilaga (kiri ujung) didampingi Kabag EKSDA Setda Katingan, Markurius Abednego mengikuti Rakor Evaluasi Kinerja TPID secara virtual di Kasongan, Senin (27/2/2023). ANTARA/HO-Diskominfostandi

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, menerapkan empat strategi atau yang disebut 4K sebagai upaya mengantisipasi dan mengendalikan inflasi di daerah setempat.

"Langkah antisipasi yang dapat ditempuh tim pengendalian inflasi antara lain melalui strategi 4K yaitu menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif," kata Bupati Katingan, Sakariyas melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Katingan, Eka Surya Dilaga di Kasongan, Selasa.

Eka menjelaskan, strategi keterjangkauan harga dilakukan dengan pemanfaatan anggaran belanja pemerintah dalam rangka stabilisasi harga seperti melakukan operasi pasar. 

Strategi ketersediaan pasokan dilakukan melalui program yang fokus pada pemenuhan pasokan pangan yang mudah diakses oleh masyarakat seperti mengajak masyarakat menanam komoditas penyumbang inflasi misalnya hortikultura di pekarangan rumah atau di dalam pot.

Strategi kelancaran distribusi dilakukan dengan mendorong dilakukannya kerjasama antar daerah untuk pemenuhan pasokan komoditas pangan daerah. Digitalisasi pasar tradisional menjadi strategis untuk memperluas akses pasar para petani sekaligus mendorong efisiensi rantai distribusi.

Baca juga: Jalan Tjilik Riwut km 18 Hampalit dilanda banjir

"Terakhir, strategi komunikasi efektif yang bertujuan untuk mengelola ekspektasi inflasi masyarakat seperti pemanfaatan teknologi informasi untuk mengantisipasi terjadinya informasi asimetris terhadap perkembangan harga di pasar," jelasnya.

Lebih lanjut, dia membeberkan, penerapan strategi 4K makin mantap dilakukan seiring dengan keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Katingan dalam rapat koordinasi tentang pengendalian inflasi yang dihelat oleh Kemendagri, Senin (27/2/2023) kemarin melalui virtual.

Rakor Evaluasi Kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di pimpin Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Budiono Subambang dan diikuti oleh Bupati/Walikota atau perwakilannya selaku ketua tim pengendalian inflasi daerah kabupaten/kota.

Di akhir kegiatan, seluruh bupati/wali kota diminta menyampaikan dokumen  berupa laporan kinerja TPID 2022 dan isian lembar formulir self assesment serta formulir ringkasan program kerja unggulan TPID 2022 sesuai panduan mekanisme dan kriteria pengukuran kinerja koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023.

"Semoga langkah-langkah yang tengah diterapkan dapat menekan angka inflasi," demikian Eka Surya Dilaga.

Baca juga: Pemkab Katingan optimalkan penyelenggaraan KLA dengan pengintegrasian kebijakan dan program

Baca juga: Pemprov-Bulog lakukan intervensi pasar dorong stabilisasi harga di Katingan

Baca juga: Teras Narang ikut tebar 25 ribu benih ikan papuyu di Danau Bulat Katingan