Korban kebakaran di Desa Mangkahui terima bantuan

id Korban kebakaran di Desa Mangkahuiterima bantuan, kalteng, mura, murung Raya, doni, dprd murung raya

Korban kebakaran di Desa Mangkahui terima bantuan

Ketua DPRD Murung Raya, Doni saat menyerahkan secara simbolis bantuan kepada warga terdampak dari musibah kebakaran di Desa Mangkahui, Selasa (28/3/2023). ANTARA/dokumentasi pribadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Sebanyak 22 kepala keluarga (KK) terdampak musibah kebakaran di Desa Mangkahui, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang terjadi pada Senin (27/3), langsung mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Salah satu bantuan datang dari Ketua DPRD Murung Raya, Dr. Doni, yang turun langsung bersama Kapolres Murung Raya, AKBP Irwansah dan Kajari Murung Raya, Kosasih. Mereka melihat serta memantau kondisi warga pasca kebakaran di Desa Mangkahui, Selasa.

"Bantuan ini nilainya tidak seberapa, tetapi saya berharap sedikit bisa meringankan beban saudara yang tertimpa musibah kebakaran. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat," ucap Doni.

Seperti diketahui  kebakaran di permukiman padat penduduk RT 03 di Desa Mangkahui terjadi Senin (27/3) sekitar pukul 15.15 WIB sore hari, menyebabkan 10 rumah rumah warga dan satu gedung walet hangus terbakar.

Tidak hanya melihat dan memantau, Ketua DPRD Murung Raya bersama Kapolres dan Kajari langsung memberikan bantuan berupa sembako sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang tertimpa musibah.


Selain bantuan sembako, Ketua DPRD Murung Raya ini juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada korban kebakaran, serta meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial kabupaten setempat untuk secepatnya memberikan bantuan uang tunai dan agar segera diserahkan kepada 22 keluarga korban terdampak kebakaran.

Baca juga: Pemkab Murung Raya hidupkan UMKM melalui Pasar Ramadhan

Doni mengimbau masyarakat untuk dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, mengingat musibah kebakaran di Desa Mangkahui ini bukan kali pertama terjadi.

“Begitu juga dengan penggunaan alat elektronik rumah tangga yang memiliki risiko tinggi terhadap kebakaran agar dicabut saat tidak digunakan, karena kebanyakan peristiwa kebakaran terjadi berawal dari arus pendek listrik,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Murung Raya, AKBP Irwansah menjelaskan kegiatan pembagian bantuan berupa paket sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian Polres bersama jajaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Selain itu, kegiatan dimaksudkan untuk menyatakan bahwa Polri selalu hadir di tengah masyarakat dalam kondisi apapun sebagai pengayom pelindung, pelayan dan penolong masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, selain membagikan sembako, pihaknya juga memberi semangat kepada warga Desa Mangkahui yang menjadi korban kebakaran kemarin agar tetap tabah, sabar dan bertawakal kepada Allah SWT.

"Kami dari pihak kepolisian, khususnya Polres Murung Raya dan jajaran turut ikut bersedih atas terjadinya musibah kebakaran kemarin, semoga bantuan sedikit dari kami akan meringankan beban saudara-saudara ini," kata Kapolres.

Baca juga: DPUPR Murung Raya imbau warga hati-hati melewati jalan menuju Muara Laung

Baca juga: Pemkab Mura implementasikan indikator bidang kebudayaan pada damang dan mantir adat

Baca juga: 10 rumah dan satu gedung walet terbakar di Desa Mangkahui