Perajin di Barut perlu perhatian pemerintah daerah

id perajin barut,asran,barito utara,kalteng,dprd barito utara

Perajin di Barut perlu perhatian pemerintah daerah

Anggota DPRD Barito Utara H Asran .

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara  Asran meminta kepada pemerintah daerah untuk  untuk mendorong para perajin guna ciptakan produk unggulan yang ciri khas daerah ini sebagai produk unggulan yang bisa dipasarkan sebagai oleh-oleh khas daerah.

"Untuk produk makanan, ada beberapa bahan yang dapat dikembangkan untuk dijadikan produk unggulan, seperti pisang bangkaran, beras talun dan sebagainya. Sementara sektor kerajinan banyak sekali yang dapat dikembangkan, seperti rambat, Batik, dan jenis kerajinan lainnya yang memiliki ciri khas daerah," katanya, Rabu.

Menurut dia, ini hendaknya jadi perhatian pemerintah untuk menjadikan Barito Utara tempat tujuan berkunjung orang dari luar daerah, ini juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan membuat  home industri yang dipayungi pemerintah dalam pemasarannya.

Legislator ini, juga mendukung koperasi membantu perkembangan industri rumah tanggal dan juga perajin. Saat ini harga karet yang menjadi komoditi utama di  daerah ini harga jualnya anjlok, serta banyaknya perusahaan yang tutup, menjadikan perekonomian masyarakat tidak sebagus dulu.

"Jadi kita mendorong Pemkab Barito Utara melalui dinas terkait proaktif dalam perkembangan home industri ini dan melakukan pembinaan kepada masyarakat,” ujarnya.