Duta Genre Murung Raya diharapkan jadi figur teladan

id Duta Genre Murung Raya diharapkan jadi figur teladan, kalteng, mura, murung Raya, Duta genre

Duta Genre Murung Raya diharapkan jadi figur teladan

Sekda Murung Raya, Hermon (duduk paling kiri) bersama para pejabat serta peserta Duta Genre dan duta muda inspiratif pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Setda Gedung B di Puruk Cahu, Senin (3/4/2023). ANTARA/Diskominfo Murung Raya

Puruk Cahu (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon berharap dengan dilaksanakannya pemilihan duta Generasi Berencana (Genre) dan Duta Muda Inspirasi tahun 2023 akan muncul figur baru dari anak muda dengan memberi teladan yang positif untuk kalangan seusianya.

"Saya berpesan agar para peserta mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan serius, termasuk kepada pemenangnya nanti untuk bisa mempersiapkan diri menjadi tauladan sekaligus menginspirasi para pemuda di Murung Raya lainnya," kata Hermon di Puruk Cahu, Senin.

Harapan tersebut disampaikan saat pembukaan pemilihan Duta Genre dan Duta Muda Inspirasi tahun 2023 yang dilaksanakan di aula Setda Gedung B.

Menurutnya, Duta Generasi Berencana merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi.

“Juga untuk menciptakan remaja yang bebas narkoba, menjauhi seks bebas, dan serta paham akan penyakit HIV/AIDS maupun pengaruh negatif lainnya dalam pergaulan. Sedangkan duta muda inspirasi merupakan sebuah platform sebagai wadah pemberdayaan pemuda - pemudi terpilih yang menghadirkan berbagai program positif kepemudaan untuk mencapai Indonesia Emas 2045.” tutup Hermon.   

Baca juga: Demokrat berkeinginan usung kader sendiri di Pilkada 2024 Murung Raya

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( P3ADaldukKB) Murung Raya, Lynda Kristiane menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Dilakulan pemilihan satu orang untuk Duta Muda Inspirasi.

Dikatakan Lynda sasaran kegiatan pemilihan Duta Genre dan Duta Muda Inspirasi Kabupaten Murung Raya tahun 2023 tersebut, pihaknya khusus mengundang 12 sekolah yang sebagian besar tingkat SMA yang tersebar di empat kecamatan.

“Yaitu Kecamatan Murung, Tanah Siang, Tanah Siang Selatan dan Laung Tuhup dengan waktu pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Genre dan Duta Muda Inspirasi selama  dua hari,” tutur Lynda.

Materi yang akan disampaikan ke para peserta terdapat pencegahan stunting melalui aplikasi elsimil, kesehatan reproduksi remaja, life skill, dan penyiapan kehidupan bagi remaja. Selain itu membahas kependudukan dan pembangunan keluarga yang dilaksanakan melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja).

“Maka dibutuhkan figur yang bisa menjadi model dan panutan kalangan remaja, oleh karenanya dipandang perlu diadakan pemilihan duta genre dan duta muda inspirasi tingkat Kabupaten Murung Raya tahun 2023 ini," demikian Lynda.

Baca juga: 33 calon kades di Murung Raya ikuti tes tertulis

Baca juga: Korban kebakaran di Desa Mangkahui terima bantuan

Baca juga: Pemkab Murung Raya hidupkan UMKM melalui Pasar Ramadhan