Kadinkes Lampung penuhi undangan klarifikasi LHKPN KPK

id Kadinkes Lampung ,Reihana ,kpk, LHKPN KPK

Kadinkes Lampung penuhi undangan klarifikasi LHKPN KPK

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana saat memberi keterangan. Bandarlampung, Rabu (5/4/2023) ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya.

"Kami mengapresiasi yang bersangkutan telah memenuhi undangan dengan hadir sendiri secara langsung sekitar pukul 08.00 WIB," kata Juru Bicara KPK Ipi Maryati di Jakarta, Senin.

Ipi mengatakan saat ini Reihana sedang menjalani klarifikasi oleh Direktorat LHKPN Kedeputian Pencegahan dan Monitoring KPK.

"Saat ini sedang memberikan keterangan di hadapan tim Direktorat LHKPN," tambah Ipi.

Baca juga: Presiden Jokowi sempat berganti mobil saat tinjau ruas jalan Lampung

Dia juga membenarkan bahwa kedatangan Reihana ke Gedung Merah Putih KPK di Jakarta adalah atas undangan dari lembaga antirasuah tersebut.

"Benar, KPK mengundang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung terkait permintaan klarifikasi LHKPN hari ini bertempat di Gedung KPK," katanya.

KPK melayangkan undangan klarifikasi kepada yang bersangkutan karena harta kekayaan yang dilaporkan tidak sesuai dengan profilnya.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut LHKPN Reihana bersifat outliers atau tidak wajar. Ketidakwajaran yang dimaksud adalah nilai yang dilaporkan di LHKPN terlalu kecil dan hampir tidak berubah dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Presiden gelontorkan Rp800 miliar untuk perbaikan jalan di Lampung

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung gunakan mobil