KPU Murung Raya telah menerima daftar bacaleg dari delapan parpol

id kpu murung raya,daftar bacaleg,pemilu 2024,pkb,murung raya,kalteng

KPU Murung Raya telah menerima daftar bacaleg dari delapan parpol

Ketua DPC PKB Murung Raya menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg dari partai tersebut ke Ketua KPU Murung Raya, Sanjaya yang dilaksanakan di kantor KPU kabupaten setempat di Puruk Cahu, Sabtu (13/5/2024). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, telah menerima berkas daftar bakal calon legislatif (bacaleg) dari delapan partai politik peserta Pemilu 2024.

"Sampai sore ini sudah delapan partai yang mendaftarkan bacalegnya ke kami. Yang pertama mendaftar dari PDI-P per tanggal 11 Mei, dan sore tadi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) parpol ke delapan yang datang ke KPU untuk menyerahkan berkas bacaleg," kata Ketua KPU Murung Raya Sanjaya di Puruk Cahu, Sabtu.

Menurut dia, parpol peserta Pemilu 2024 yang sudah mendaftarkan bakal calegnya, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

PKB, kata dia, merupakan partai politik kedelapan yang resmi melakukan pendaftaran bacalegnya, selanjutnya ada beberapa partai politik lainnya yang masih menyusul sampai jadwal penutupan pendaftaran tanggal 14 Mei besok, seperti Partai Gerindra dan Partai Golkar.

"Kita berharap seluruh partai politik dapat menjalin kerja sama yang baik dengan kami selaku penyelenggara pemilu, dengan harapan pelaksanaan dan tahapan pemilu dapat berjalan sukses dan lancar," tukasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua DPC PKB Murung Raya Rahmanto Muhidin mengatakan pendaftaran bacaleg PKB yang dilaksanakan pihaknya itu serentak dilakukan oleh jajaran PKB seluruh Indonesia sesuai instruksi DPP PKB.

"Untuk pendaftaran yang kami laksanakan pada hari ini sangat berbeda pada periode sebelumnya, karena kali ini sahabat dari buruh, tukang ojek dan petani turut mengantarkan kami melaksanakan proses pendaftaran yang menggambarkan bahwa PKB terus menjadi wadah bagi sahabat buruh, petani dan profesi lainnya untuk memperjuangkan hak-hak mereka," ucap Rahmanto.

Untuk target PKB di Pemilu Legislatif 2024, menurut Rahmanto diharapkan bisa memperoleh minimal lima kursi dari total 25 kursi di DPRD Murung Raya dan tentu target itu perlu didukung oleh masyarakat dengan memilih partai politik dan caleg mana yang bisa mengemban amanah ke depan.

Sementara itu Pileg 2019 lalu, PKB di Murung Raya menjadi salah satu partai politik yang patut diperhitungkan, mengingat perolehan suara menempati tiga besar terbanyak dengan mendapatkan tiga kursi DPRD serta menjadikan PKB menempati kursi Wakil Ketua II DPRD kabupaten setempat.