IWAPI dukung Pemkab Barsel tingkatkan daya saing UMKM

id Iwapi kalteng, iwapi, asti rizky badjuri, ikatan wanita pengusaha indonesia, barsel, buntok, barito selatan, umkm, naik kelas, pelaku usaha

IWAPI dukung Pemkab Barsel tingkatkan daya saing UMKM

Pelantikan dan pengukuhan DPC IWAPI Barito Selatan di Buntok, Senin, (15/5/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Buntok (ANTARA) - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) berkomitmen mendukung Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dalam upaya peningkatan kapasitas dan daya saing pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah setempat.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IWAPI Kalimantan Tengah Asti Rizky Badjuri di Buntok, Senin, di sela kegiatan pelantikan dan pengukuhan DPC IWAPI Barito Selatan yang diketahui oleh Siti Murni.

"IWAPI menjadi sarana strategis dan tempat berkumpulnya para wanita yang memiliki usaha di berbagai sektor, agar semakin berkembang," jelasnya.

Asti menjelaskan, melalui IWAPI para wanita yang merupakan pelaku usaha ini, dapat saling berbagi informasi dan saling mendukung dalam upaya pengembangan usaha yang dimiliki.

"IWAPI mewadahi pelaku usaha untuk lebih mudah di antaranya dalam mempromosikan produknya, mendapat program pelatihan, maupun menambah jejaring usaha agar semakin lebih luas lagi," tuturnya.

Baca juga: Ketua Golkar Barsel tak maju sebagai bacaleg

Dia menuturkan, saat ini IWAPI telah berusia sekitar 48 tahun dan regenerasi yang berjalan dengan baik semakin memperkuat serta membuat solid jejaring usaha yang ada di dalamnya. IWAPI memiliki anggota lebih dari 80 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan sekitar 64 persen di antaranya merupakan pelaku UMKM.

"Kami berupaya agar para wanita pelaku UMKM di seluruh kabupaten dan kota khususnya di Kalimantan Tengah, dapat bergabung bersama IWAPI. Bersama-sama kita memajukan UMKM di Kalimantan Tengah untuk dapat naik kelas," tegasnya.

Asti mengatakan, IWAPI Kalimantan Tengah siap membantu para pelaku UMKM mengembangkan usaha yang dimiliki, baik dalam mengurus berbagai perizinan terkait usaha, maupun memperluas jangkauan pemasaran.

"Sebelumnya kami juga telah melaksanakan kegiatan pembinaan UMKM dalam peningkatan kualitas pengemasan produk. Kami berupaya agar kegiatan ini bisa terus berlanjut dan diperluas jangkauannya," tuturnya.

Baca juga: Gerindra daftarkan 25 bacaleg ke KPU Barsel