Bacaleg Gerindra di Gunung Mas didominasi Milenial dan Gen Z

id Partai Gerindra, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Partai Gerindra gunung mas, gunung mas, kalteng, sekretaris gerindra gunung mas, Dedy Irawan

Bacaleg Gerindra di Gunung Mas didominasi Milenial dan Gen Z

Ketua Gerindra Kabupaten Gunung Mas Febrianto Octafanus didampingi Sekretaris Dedy Irawan mendaftarkan 25 bacaleg ke KPU setempat, Minggu (14/5/2023). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, telah mendaftarkan 25 orang bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dalam Pemilihan umum tahun 2024.

Sebanyak 25 nama yang didaftarkan itu didominasi oleh Generasi Milenial atau kelahiran rentang 1981-1996 dan Generasi Z atau kelahiran 1997-2012, kata Sekretaris Gerindra Gunung Mas, Dedy Irawan di Kuala Kurun, Kamis.

"Rinciannya, 12 bacaleg masuk kategori Generasi Milenial, tujuh bacaleg Gen Z, lima bacaleg Generasi X atau lahir pada rentang 1965-1980, dan satu bacaleg Baby Boomer atau lahir pada rentang 1946-1964," beber dia. 

Dikatakan, 25 bacaleg yang telah didaftarkan ke KPU tersebut merupakan putra putri terbaik Gunung Mas, termasuk yang masuk kategori Gen Z. Walau dari sisi usia terbilang belia, bacaleg Gen Z memiliki kualitas yang baik seperti generasi di atasnya.

Selain itu, Gerindra Gunung Mas mengusung bacaleg Gen Z guna memberi edukasi politik kepada masyarakat khususnya generasi muda. Dengan adanya bacaleg Gen Z, diharap generasi muda mau terlibat dengan politik.

"Ke-25 bacaleg yang telah kami daftarkan itu nantinya di tiga daerah pemilihan (dapil) Gunung Mas," kata Dedy.

Adapun rinciannya yakni, 10 bacaleg di dapil I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun, delapan bacaleg di dapil II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya, serts tujuh bacaleg di dapil III meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa.

Baca juga: Seluruh legislator Gumas dari Golkar kembali dicalonkan di Pemilu 2024

"Pada Pemilihan Anggota DPRD Gunung Mas 2019-2024, Gerindra memperoleh dua kursi dengan rincian satu kursi di dapil I dan satu kursi di dapil II. Untuk 2024 kami menargetkan suara sebanyak-banyaknya," kata Dedy.

Sebelumnya, Ketua KPU Gunung Mas, Stepenson menyampaikan pembukaan pendaftaran bacaleg untuk Pemilu 2024 dimulai pada 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

"Tahapan selanjutnya, setelah pendaftaran selesai, KPU akan melakukan verifikasi administrasi. Ketika ada ditemukan hal yang tidak sesuai atau kurang, partai politik akan diminta melakukan perbaikan," demikian Stepenson.

Baca juga: NasDem targetkan enam kursi DPRD Gunung Mas

Baca juga: PDIP targetkan sembilan kursi di DPRD Gumas periode 2024-2029

Baca juga: Seniman Dayak hingga mantan anggota DPRD Gunung Mas perkuat Hanura