Disdukcapil Barito Utara lakukan pelayanan keliling dokumen kependudukan

id disdukcapil barito utara,layanan adminduk,kecamatan,barito utara,kalteng

Disdukcapil Barito Utara lakukan pelayanan keliling dokumen kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara melaksanakan pelayanan keliling administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Teweh Timur, Selasa (13/6/2023).ANTARA/HO-Disdukcapil Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melakukan pelayanan keliling dokumen administrasi kependudukan ke sejumlah kecamatan di daerah setempat.

"Pelayanan keliling ini dalam rangka mewujudkan pelayanan yang mudah dan menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah ini," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Barito Utara Hendro Nakalelo di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, pihaknya pada Juni 2023 ini turun langsung ke lapangan dalam rangka melaksanakan pelayanan keliling dokumen administrasi kependudukan (Adminduk), yang saat ini dilakukan di wilayah Kecamatan Teweh Timur.

Pelaksanaan pelayanan keliling dokumen kependudukan tersebut didampingi Kepala Bidang Pencatatan Sipil dan Kepala Bidang Daftar Penduduk beserta staf.

“Kami langsung turun ke lapangan dalam rangka memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat di daerah ini. Layanan keliling ini, Disdukcapil melakukan pelayanan kepengurusan dokumen Adminduk di wilayah Kecamatan Teweh Timur,” kata Hendro.

Dia mengatakan, pelayanan tersebut mencakup beberapa dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran (AK), Akta Kematian (AK), Akta Perkawinan (AP), KTP Elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Pelayanan keliling Adminduk yang dilakukan Disdukcapil Barito Utara ini sangat ditanggapi positif oleh masyarakat setempat, dan dilihat dari antusias warga yang datang untuk mengurus dokumen Adminduk.

“Kami dari Dukcapil Barito Utara menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat Kecamatan Teweh Timur atas bantuan dan kerjasamanya dalam hal mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya dokumen Adminduk,” kata Hendro lagi.

Hendro juga mengharapkan dengan adanya pelayanan keliling Adminduk ini bisa mempermudah dan membantu masyarakat agar bisa lebih cepat dalam kepengurusan dokumen Adminduk. 

“Serta bisa menambah kesadaran warga masyarakat di daerah ini untuk lebih tertib dalam Administrasi Kependudukan,” kata dia.

Kasi Ketenteraman dan Ketertiban Kecamatan Teweh Timur Irwanto mengatakan dalam kegiatan pelayanan keliling yang diadakan oleh Disdukacapil Barito Utara sangat disambut antusias oleh warga masyarakat di Kecamatan Teweh Timur. 

Baca juga: Pemkab Barut lanjutkan pembangunan Jembatan Sikan - Tumpung Laung

“Warga masyarakat di wilayah Kecamatan Teweh Timur sangat antusias sekali menyambut Dinas Dukcapil yang memberikan layanan keliling administrasi kependudukan, bahkan pelayanan ini sampai malam masih ada masyarakat yang datang untuk meminta layanan kependudukan,” kata Irwanto.  

Dirinya juga mengharapkan pelayanan keliling administrasi kependudukan di wilayah kecamatan di kabupaten Barito Utara bisa dilaksanakan kembali. Hal ini sangat membantu warga masyarakat khususnya yang berada di kecamatan yang jauh dari ibu kota Kabupaten.

“Dengan adanya pelayanan keliling administrasi kependudukan ini sangat membantu warga masyarakat khususnya di wilayah kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten. Kalau ke ibu kota Kabupaten untuk pelayanan administrasi kependudukan memerlukan biaya yang tidak sedikit,” kata dia.

Baca juga: Dinas Kesehatan Barut rakor bidang kesehatan masyarakat

Baca juga: Pemkab Barito Utara ingin belajar dan mencontoh Jawa Barat

Baca juga: Pemkab Barut dan Jabar kerja sama tingkatkan potensi pelayanan publik