Finlandia diajak partisipasi bangun IKN Nusantara di Kaltim

id IKN Nusantara,Kalteng,Finlandia,OIKN,Kaltim

Finlandia diajak partisipasi bangun IKN Nusantara di Kaltim

Arsip foto - Suasana proses pembangunan istana presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww/pri. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwars/Indrianto Eko Suw)

Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengajak Finlandia untuk berpartisipasi dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Nusantara akan dibangun sebagai kota yang berfokus pada happiness dan well-being dari masyarakatnya, sehingga kami menyambut kerja sama dengan Finlandia yang memiliki trademark sebagai negara paling bahagia di dunia,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Bambang menyambut baik kolaborasi dalam membangun Nusantara sebagai smart sustainable forest city, sebuah paradigma baru dalam pembangunan.

Baca juga: OIKN tawarkan lahan campuran di IKN Nusantara kepada investor Perancis

Sementara itu, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Ali Berawi mengatakan visi Nusantara sebagai kota cerdas yang berkelanjutan, sekaligus merupakan elaborasi antara tujuan pembangunan Nusantara dengan indeks kebahagiaan masyarakatnya yang tinggi.

“Visi Ibu Kota Nusantara sebagai happiest city dengan mengutilisasi kemajuan teknologi,” kata Ali.

OIKN bersama Business Finland mengadakan virtual business forum terkait pengembangan Nusantara (IKN) sebagai kota cerdas. Forum ini dihadiri oleh perusahaan, pemerintah kota, dan perwakilan kementerian asal Finlandia, secara daring.

Under-secretary of state, Ministry of Economic Affairs and Employment Finlandia Petri Peltonen mengatakan bahwa pihaknya mempunyai komitmen untuk bekerja sama antara Finlandia dengan Nusantara.

“Kami ingin menghubungkan perusahaan Finlandia dengan peluang partisipasi dalam dibukanya proyek ibu kota negara baru kelas dunia,” ujar Petri Peltonen.

Forum tersebut juga dilanjutkan dengan pembahasan Antar Pemerintah (G2G), yakni OIKN, Ministry of Foreign Affairs Finlandia, Ministry of Economic Affairs and Employment Finlandia, Duta Besar RI untuk Finlandia, dan Duta Besar Finlandia untuk RI.

Forum tersebut dihadiri perwakilan dari Kota Tampere, Kota Espoo, Smart City Innovation Clusters, beserta perwakilan dari perusahaan, di antaranya Nokia, Wärtsilä, Kone, Helvar, dan Sitowise.

Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022. Terletak di pesisir timur Pulau Kalimantan. Luas wilayah Nusantara hampir empat kali Jakarta, yaitu kurang lebih 256.142 hektare dan wilayah laut seluas 68.189 hektare.

Nusantara akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara.