Polda Kalteng laksanakan Operasi Patuh Telabang 2023 selama 14 hari

id Operasi Patuh Telabang 2023 ,Palangka Raya ,Kalteng,Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno,razia sepeda motor,Erlan Munaji,humas Polda Kalteng

Polda Kalteng laksanakan Operasi Patuh Telabang 2023 selama 14 hari

Tim gabungan Polda Kalteng melaksanakan apel gelar personel Operasi Patuh Telabang 2023 yang dilaksanakan di halaman Mapolda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya, 10/7/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah melaksanakan Operasi Patuh Telabang 2023 selama 14 hari dengan mengangkat tema 'Kita Tingkatkan Kepatuhan dan Ketertiban Dalam Berlalu Lintas Sebagai Cerminan Moralitas Bangsa' yang dilaksanakan di Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya.

Apel gelar pasukan Operasi Patuh Telabang 2023 yang dipimpin Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno, Senin, ketika menyampaikan sambutannya bahwa keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas (kamseltibcarlantas) harus menjadi perhatian bersama.

"Kegiatan ini adalah upaya kita untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh Stakeholder agar maksimal. Terkait hal itu diperlukan koordinasi yang baik antar instansi agar tercipta keterpaduan langkah guna menunjang pelaksanaan tugas di lapangan," katanya.

Baca juga: Polda Kalteng tak ingin gegabah tangani kericuhan warga dengan PT BJAP

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol R.S. Handoyo mengatakan dalam operasi kali ini pihaknya mengedepankan tindakan edukasi dan humanis.

"Pada operasi kali ini, kami mengedepankan teguran secara humanis dan mengedukasi pengguna jalan.
 Anggota di lapangan juga kami ingatkan untuk selalu terapkan 3S (senyum, sapa, salam) dengan harapan masyarakat akan lebih tertib," ucap Handoyo.

Sedangkan, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji menginformasikan, operasi ini dilaksanakan mulai tanggal 10-23 Juli 2023.

Baca juga: Polda imbau masyarakat ciptakan kondisi kamtibmas di Kalteng

"Kami melibatkan 387 personel jajaran Polda Kalimantan Tengah gabungan TNI-Polri serta dari instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja," tegasnya.

Dalam kegiatan yang berjalan lancar dan aman itu juga dihadiri oleh Dandenpom XII/2 Palangka Raya serta pejabat utama Polda Kalteng dan disaksikan ratusan personel gabungan yang terlibat.

Bahkan Irwasda Polda Kalteng juga menyematkan pita di lengan kiri sejumlah perwakilan personel dari berbagai instansi, tanda dimulainya Operasi Patuh Telabang 2023 tersebut.

Kepolisian setempat berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang sering menggunakan roda dua di jalan raya agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas. Bahkan surat menyurat kendaraan juga harus dibawa, sehingga ketika ada apa-apa Kepolisian cepat mengetahui identitas pengendara.

Baca juga: Polda Kalteng catat 38 korban VCS hingga diperas puluhan juta

Baca juga: Anak kuli bangunan di Kalteng lulus jadi Polisi

Baca juga: Polda Kalteng tetapkan 10 orang tersangka kasus TPPO