Barsel berangkatkan kontingen tahap pertama ikuti Porprov Kalteng

id Pemkab barito selatan, koni barsel, idariani, porprov kalteng, kontingen barsel, pekan olahraga provinsi, buntok, barsel, barito selatan

Barsel berangkatkan kontingen tahap pertama ikuti Porprov Kalteng

Ketua KONI Barito Selatan bersama atlet, pelatih dan ofisial yang diberangkatkan di tahap pertama, Buntok, Sabtu (22/7/2023). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Kabupaten Barito Selatan memberangkatkan kontingen tahap pertama untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Untuk tahap pertama ini, kita memberangkatkan 126 orang menuju ke Sampit," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Barito Selatan, Idariani di Buntok, Sabtu.

Dia menjelaskan, sebanyak 126 orang yang berangkat pada tahap pertama ini terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial dari sejumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Untuk atlet, pelatih dan ofisial yang diberangkatkan ini dari cabang olahraga karate, futsal, voli, takraw, e-sport, tenis meja, sepakbola, atletik, panahan dan bulu tangkis. Termasuk juga dari tim kesehatan," terangnya.

Sedangkan tahap kedua lanjut dia, akan diberangkatkan sebanyak 194 orang yang akan dilaksanakan pada 25 Juli 2023. Adapun dari 28 cabang yang dipertandingkan, Kontingen Barito Selatan akan ikut berlaga pada 21 cabang, sedangkan tujuh cabang yang tidak diikuti tersebut karena tidak ada pengurus dan atletnya.

Idariani juga berpesan kepada Kontingen Barito Selatan untuk menjaga nama baik daerah, baik dalam perlombaan maupun bergaul selama kegiatan Porprov Kalteng tersebut.

"Yang diberangkatkan ini bukan atas nama KONI Barito Selatan, akan tetapi atas nama Kabupaten Barito Selatan," jelasnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel serahkan 311 SK PPPK

Ia juga menegaskan, Kontingen Barito Selatan yang diberangkatkan ini tidak ada atlet luar dan semuanya murni atlet asal kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.

"Untuk target kita tidak muluk-muluk, paling tidak bisa mempertahankan peringkat hasil Porprov 2018 lalu dan kalau bisa naik peringkat lagi," harapnya.

Pada kesempatan itu, Idariani juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang akan menganggarkan bonus bagi atlet, pelatih dan ofisial yang meraih prestasi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

"Ini juga merupakan salah satu motivasi bagi atlet Barsel agar bisa meraih medali di ajang olahraga bergengsi tingkat provinsi Kalimantan Tengah tersebut," ucapnya yang juga merupakan Anggota DPRD Barito Selatan itu.

Baca juga: Pemkab Barito Selatan tingkatkan kapasitas aparatur di bidang konstruksi

Baca juga: Legislator apresiasi langkah Pemkab Barsel luncurkan tiga inovasi

Baca juga: Bandara Sanggu buka penerbangan perintis Buntok-Banjarmasin