Pemkab Seruyan maksimalkan potensi sektor pariwisata

id Pemkab Seruyan maksimalkan potensi sektor pariwisata, kalteng, seruyan

Pemkab Seruyan maksimalkan potensi sektor pariwisata

Sejumlah masyarakat saat berkunjung di destinasi wisata Sungai Bakau di Kecamatan Seruyan Hilir Timur. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Djainuddin Noor menyampaikan bahwa daerah ini memiliki potensi sektor pariwisata yang mampu menarik minat masyarakat para wisatawan untuk datang berkunjung.

“Salah satu daya tarik kita di Seruyan itu adalah sektor pariwisata, karena di tempat kita kalau bicara pariwisata sangat banyak sekali baik itu wisata budaya, alam dan lainnya,” kata Djainuddin di Kuala Pembuang, Minggu.

Dia mengatakan, hanya saja yang perlu dimaksimalkan adalah terkait pengelolaannya, harus bisa konsisten misalnya seperti Pantai Sungai Bakau yang merupakan wisata andalan bagi masyarakat Seruyan.

“Banyak yang harus diperhatikan terkait dengan memajukan sektor pariwisata baik itu dari kebersihannya, hingga fasilitas dan wahana-wahana menarik lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, hal yang perlu dilakukan juga evaluasi di sektor pariwisata. Bahkan, terkait dengan hal tersebut dirinya juga sering memberikan imbauan kepada Dinas Pemudah Olahraga  Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) setempat agar bisa melakukan upaya maksimal dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke wisata yang ada di kabupaten daerah pesisir tersebut.

Baca juga: Bapenda Seruyan sebut BPHTB perusahaan sangat penting tingkatkan PAD

Disampaikannya, memaksimalkan potensi pariwisata ini sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata bisa memanfaatkan dengan membuka usaha baik itu perlengkapan, penginapan, makanan serta produk-produk khas daerah.

“Kalau pengunjung meningkat, perekonomian masyarakat juga akan meningkat, sehingga dengan demikian dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Dia menambahkan, tidak hanya itu bahkan dengan sendirinya pendapatan asli daerah (PAD) Seruyan juga dapat meningkat, sehingga pembangunan di semua sektor yang berdampak langsung bagi masyarakat bisa di maksimalkan.

“Maka dari itu kita mengajak semua pihak untuk bersama bersinergi dalam memajukan sektor pariwisata di Seruyan, salah satunya dari hal paling kecil mempromosikan melalui media sosial pribadinya karena hal tersebut juga sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung,” demikian.

Baca juga: DKPP Seruyan wacanakan gerakan pangan murah di setiap kecamatan

Baca juga: BPBD Seruyan tingkatkan upaya pengendalian karhutla

Baca juga: Pemkab Seruyan ajak masyarakat cegah karhutla