Morbidelli hengkang dari Yamaha tahun depan

id Franco Morbidelli,Tim Monster Energy Yamaha,mundur,alex rins,motogp,2024

Morbidelli hengkang dari Yamaha tahun depan

Pembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli menyimak pertanyaan wartawan saat konferensi pers usai peluncuran Yamaha YZR M1 2023 Livery Terbaru di Jakarta, Selasa (17/1/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp

Jakarta (ANTARA) - Tim Monster Energy Yamaha mengumumkan salah satu pembalap utamanya musim ini Franco Morbidelli akan hengkang dari tim pada 2024 dan Alex Rins sudah resmi direkrut Yamaha untuk MotoGP musim mendatang.


"Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada Franco atas kerja keras dan dedikasinya sejak dia memulai dengan tim pabrikan dan juga jauh sebelumnya ketika dia menjadi pembalap satelit untuk Yamaha," kata Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis dalam keterangan resmi, Rabu.

"Kemitraan Yamaha dan Morbidelli menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa, termasuk gelar runner up yang luar biasa pada 2020," ujarnya menambahkan.

Sejak Morbidelli bergabung dengan Yamaha pada 2019, pembalap Italia itu meraih enam podium dengan rincian tiga kemenangan, satu kali runner up, dan dua kali peringkat ketiga. Ia juga meraih dua pole position dan menempati peringkat dua MotoGP 2020.

Setelah istirahat sejenak akibat cedera lutut selama musim 2021, Morbidelli kembali tampil di GP San Marino sebagai bagian dari tim pabrikan Yamaha. Total dia memperebutkan 74 GP sebagai pembalap Yamaha sejauh ini.

"Tim akan terus mendukung Franco sepenuhnya dengan segala cara yang kami bisa untuk menutup waktu yang kami habiskan bersama dengan cara terbaik," ujar Jarvis.



Di sisi lain, Jarvis mengatakan Rins yang kini berada di tim Honda akan menjadi rekan satu tim Fabio Quartararo pada MotoGP musim 2024.

Meskipun sekarang Rins masih menderita cedera kaki yang ia dapatkan di Sprint MotoGP Italia, Jarvis mengatakan Rins tengah berjuang keras usai menjalani dua operasi dan melakukan pemulihan.

"Alex telah absen dari paddock MotoGP untuk sementara waktu karena cedera yang dideritanya di Mugello, tapi kami yakin dia akan pulih sepenuhnya dan siap untuk musim 2024," kata Jarvis.

"Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya dan percaya bahwa dia akan berkolaborasi dengan baik dengan Fabio dan meningkatkan performa total Tim Monster Energy Yamaha di MotoGP," ujarnya menambahkan.