Anggota DPR RI ajak masyarakat Kalteng proaktif cegah karhutla

id Karhutla,Palangka Raya,Kalteng,Agustiar Sabran,Sugianto Sabran,Anggota DPR RI ajak masyarakat Kalteng cegah karhutla

Anggota DPR RI ajak masyarakat  Kalteng proaktif cegah karhutla

Anggota DPR RI Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran mengajak seluruh masyarakat di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu, untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Saya melihat saat ini antisipasi dari setiap pemerintah daerah, pemprov dan sejumlah stakeholder seperti TNI-Polri serta lain sebagainya selalu sigap mengantisipasi terkait karhutla," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Jumat.

Dia menuturkan, saat ini di Kalteng memang banyak terjadi terjadi karhutla namun karhutla yang terjadi juga dapat diantisipasi dengan baik oleh sejumlah instansi dan damkar swasta yang terlibat dalam pencegahan.

Bahkan seperti karhutla yang terjadi di sejumlah titik di Kota Palangka Raya pemadaman nya selain melakukan lewat darat, juga melalui udara dengan menggunakan helikopter bombing.

"Semoga saja antisipasi terkait karhutla terus dilakukan selama bulan kemarau yang melanda Kalteng," ucapnya.

Agustiar Sabran yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng itu juga sangat berharap, kekompakan yang sudah dilakukan selama ini antara masyarakat dan pemkab, pemprov serta stakeholder vertikal harus terus tetap dijaga.

Jangan sampai kekompakan tersebut yang sudah dibangun itu malah tidak harmoni, sehingga mengakibatkan penanganan karhutla di daerah setempat tidak maksimal seperti yang diharapkan.

Baca juga: Anggota DPR salurkan bantuan uang tunai ke korban kebakaran di Palangka Raya

"Kalau terjadi karhutla banyak sekali dampak yang akan merugikan daerah, selain kesehatan roda perekonomian masyarakat akan terganggu," bebernya.

Ditambahkan Kakak Kandung dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu, selama ini pemprov dan pemda setempat juga sudah menganggarkan terkait penanganan terkait karhutla di instansi terkait yang menangani hal tersebut.

"Harapan saya sampai di ujung musim kemarau dan memasuki musim penghujan daerah kita terbebas dari yang namanya karhutla yang sifatnya parah. Seperti sekarang ini kondisi daerah harus tetap dijaga, karena saat ini masih memasuki musim kemarau," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Kalteng Putra akan tanding melawan tim Porprov di Stadion 29 November Sampit

Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga iklim investasi di Kalteng

Baca juga: Fisik pemain Kalteng Putra terus digenjot hadapi Liga 2