Bupati Gumas: Anggota Paskibraka harus miliki semangat nasionalisme

id Pemkab gunung mas, bupati gumas, jaya s monong, paskibraka gunung mas, pasukan pengibar bendera pusaka, kuala kurun, gumas, gunung mas

Bupati Gumas: Anggota Paskibraka harus miliki semangat nasionalisme

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong memberi selamat kepada anggota paskibraka yang dikukuhkan di Kuala Kurun, Selasa (15/8/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kabupaten setempat harus memiliki semangat nasionalisme.

Sebagai calon pemimpin bangsa, anggota Paskibraka juga diharap memiliki karakter Pancasila, ucapnya usai mengukuhkan anggota Paskibraka Gunung Mas di Kuala Kurun, Selasa.

“Itu penting karena di pundak adik-adik estafet pembangunan dipertaruhkan, khususnya pembangunan di kabupaten yang kita cintai bersama,” sambungnya.

Dia juga berharap anggota Paskibraka bisa menjadi generasi masa depan yang maju dan unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terus berkarya di berbagai bidang.

Anggota Paskibraka harus memiliki integritas, kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar dan pantang menyerah, berjuang demi kemajuan bangsa dan negara.

Baca juga: PLN-DLHKP Gumas jalin kerja sama, wujud komitmen pelestarian Taman Hutan Lapak Jaru

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini juga berharap anggota Paskibraka bisa mempertahankan rasa persaudaraan, kebersamaan, serta kekompakan yang telah tercipta selama menjalani pelatihan.

“Kepada pelatih, pembina dan panitia, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Gunung Mas, selama proses latihan,” terang Jaya.

Dia pun mendoakan anggota Paskibraka Gunung Mas bisa menjalankan tugas dengan baik pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, serta saat penurunan Sang Saka Merah Putih.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gunung Mas, Aprianto menyampaikan ada sebanyak 61 anggota Paskibraka yang dikukuhkan pada kesempatan ini.

Mereka berasal dari belasan SMA sederajat yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’. Adapun rinciannya 38 calon anggota putra dan 23 orang putri.

“Sebelum dikukuhkan, mereka terlebih dahulu mengikuti pendidikan pelatihan dan pembinaan, yang dipusatkan di Kuala Kurun sejak 3 Agustus 2023,” demikian Aprianto.

Baca juga: Bupati Gunung Mas ajak masyarakat dukung Penjabat Kades Sangal

Baca juga: Bupati: Penetapan 15 Hutan Adat di Gumas berkat kolaborasi bersama

Baca juga: Bupati Gumas serahkan SK penetapan plasma PT BMB estate Kurun