DPRD Palangka Raya ingatkan remaja hati-hati memilih teman dalam pergaulan

id Kenakalan Remaja,Palangka Raya,Kalteng ,DPRD Kota Palangka Raya,Sigit Widodo

DPRD Palangka Raya ingatkan remaja hati-hati memilih teman dalam pergaulan

Legislator Palangka Raya Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengingatkan agar para remaja selektif memilih teman sehari-hari, agar terhindar dari pengaruh buruk akibat salah memilih lingkungan pergaulan.

Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo, Senin, mengatakan banyak anak-anak terlibat obat-obatan terlarang, diantaranya, karena salah memilih lingkungan pertemanan.

Menurut Sigit, lingkungan pergaulan yang baik dan positif akan membawa dampak positif bagi lingkungan, begitu juga dengan pergaulan yang buruk, juga berdampak besar bagi para remaja, bila dasar dari dalam dirinya tidak kuat.

Sehingga, kata Sigit, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut. Peran orang tua juga diharapkan mampu mengawasi lingkungan pergaulan putra-putrinya agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas.

Menurut Sigit yang juga Anggota Komisi C Bidang Kesehatan, Kesejahteraan Masyarakat dan Pariwisata DPRD Palangka Raya,  perhatian dan kasih sayang dari orang tua dan lingkungan sekitar, menjadi salah satu kunci bagi anak-anak dan remaja, agar terhindar dari pengaruh kenakalan remaja, seperti terjebak dalam penggunaan obat-obatan terlarang.

Sigit menilai, lingkungan pertemanan ini menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan bagi masa depan anak, sehingga remaja tidak sembarangan dalam memilih lingkungan pergaulan.

Sigit berharap, melalui pengawasan dari seluruh pihak terkait dampak buruk dari lingkungan pergaulan bisa diminimalisasi, sehingga upaya percepatan pendidikan dan pembangunan lebih cepat, mudah dan bijak,akan tercapai dengan baik.

Sebagaimana diketahui saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya bersama DPRD sedang fokus untuk membangun SDM daerah, dalam rangka menghadapi tahun emas 2045.

Berbagai program telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya dalam meningkatkan SDM, antara lain mencegah dan menurunkan angka stunting atau kekerdilan akibat kurang gizi, melalui program pemberian makanan bergizi dan beberapa program lainnya.

Selain itu, juga program meningkatkan prestasi olahraga bagi generasi muda, untuk bisa bertarung bukan hanya di dalam daerah, tetapi juga provinsi, nasional bahkan internasional.