Jokowi bahas perniagaan elektronik TikTok Shop

id Jokowi ,perniagaan elektronik TikTok Shop,Kalteng,TikTok Shop

Jokowi bahas perniagaan elektronik TikTok Shop

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Jakarta, Kamis (21/9/2023.) (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama para menteri terkait menggelar rapat terbatas untuk membahas kegiatan perniagaan dengan sistem elektronik, salah satunya TikTok Shop, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

"Soal perniagaan dengan sistem elektronik. Ya, TikTok (Shop)," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Budi belum menjelaskan poin-poin apa yang akan dibahas dalam ratas tersebut.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan rapat tersebut untuk membahas perdagangan digital secara keseluruhan.

"Ya, (soal perdagangan) digital, semuanya. Rapat mengenai e-commerce," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan dampak perdagangan elektronik (e-commerce), salah satunya di platform layanan hosting video berdurasi pendek TikTok, telah membuat penjualan serta produksi di lingkup usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) hingga pasar konvensional anjlok.

Jokowi menilai seharusnya platform milik perusahaan asal China itu hanya berperan sebagai media sosial dan bukan media ekonomi.

"Itu berefek pada UMKM, pada produksi di usaha kecil, usaha mikro, dan juga pada pasar. Pada pasar, di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun karena serbuan. Mestinya, ini kan dia (TikTok) itu sosial media, bukan ekonomi media," kata Jokowi usai meninjau infrastruktur jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9).