Fisipol UMPR gelar "future leader camp" bagi mahasiswa baru

id umpr, fisipol umpr, universitas muhammadiyah palangka raya, adna umpr, administrasi negara, future leader camp, palangkaraya, muhammadiyah

Fisipol UMPR gelar "future leader camp" bagi mahasiswa baru

Fisipol UMPR gelar "future leader camp" 2023 bagi mahasiswa baru. (ANTARA/HO-Fisipol UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) -
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Kalimantan Tengah menggelar "future leader camp" 2023 yang dikhususkan bagi mahasiswa baru di fakultas setempat.
 
"Kegiatan yang diikuti Program Studi Ilmu Komunikasi dan Prodi Administrasi Negara (Adna) ini dilaksanakan dua hari di Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya," kata Dekan FISIPOL UMPR Irwani saat membuka acara di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dia mengatakan, kegiatan yang diikuti 150 mahasiswa baru ini bertujuan mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kepemimpinan mahasiswa. Kemudian juga untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah.
 
Selain itu juga memberikan pemahaman tentang tanggung jawab seorang pemimpin dalam berbagai konteks. Mendorong pengembangan karakter dan nilai-nilai kepemimpinan yang berkelanjutan serta membangun jaringan serta hubungan antara peserta.
 
Penanggung jawab kegiatan Widya Rahmat menambahkan, acara tersebut juga menghadirkan fasilitator terdiri dari para profesional dengan pengalaman dalam bidang kepemimpinan, pendidikan, dan pengembangan diri serta terkait keuangan perbankan.
 
Mereka berasal dari Komando Resort Militer (Korem) 102/Panju Panjung, Bank CIMB Niaga, Dekan FISIPOL dan Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) FISIPOL UMPR.
 
"Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan siraman rohani, "outbond", pentas seni dan diskusi sehingga tercipta suasana keakraban dan kebersamaan yang diharapkan menjadi langkah penyemangat menempuh di FISIPOL UMPR," kata Rahmat.

Baca juga: Pemkab Katingan programkan satu rumah satu sarjana
 
Selain itu, kegiatan itu dilaksanakan sebagai upaya memberikan bekal dan mengisi waktu mahasiswa baru dengan kegiatan positif. Dia mengatakan, waktu yang sangat penting dalam kehidupan seorang mahasiswa, di mana mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan karakter yang membentuk masa depan
 
Salah satu aspek yang sangat penting dalam pengembangan pribadi dan profesional mahasiswa adalah kepemimpinan. Kepemimpinan bukan hanya tentang mengambil keputusan, tetapi juga tentang memiliki visi, memotivasi orang lain, dan memimpin dengan integritas.
 
Pihaknya pun berharap bahwa setiap peserta telah mendapatkan wawasan, keterampilan, dan semangat baru yang akan membantu mereka menjadi pemimpin yang lebih baik di masa depan.
 
"Semoga pengalaman ini menjadi pijakan yang kuat bagi setiap individu dalam perjalanan kepemimpinan mereka," kata Rahmat.

Baca juga: Mahasiswa Teknik Sipil UMPR kuliah lapangan di BMKG

Baca juga: UMPR-BPBD kolaborasi peningkatan kapasitas penanggulangan bencana

Baca juga: FBIT UMPR latih masyarakat PKBM Kotim membuat tepung dari karamunting