Gebyar Dirgantara momen kenalkan olahraga dirgantara ke masyarakat Kobar

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati kobar, Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, kalteng

Gebyar Dirgantara momen kenalkan olahraga dirgantara ke masyarakat Kobar

Pj Bupati Kobar bersama Danlanud Iskandar Pangkalan Bun dan tamu undangan lainnya serta masyarakat, secara simbolis menerbangkan pesawat kertas, Minggu (22/10/2023). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa menyatakan bahwa Gebyar Dirgantara Lanud Iskandar Open Base 2023 yang dilaksanakan di Pangkalan Bun, dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan olahraga dirgantara kepada masyarakat setempat.

"Masyarakat pun bisa semakin tahu tentang peralatan peralatan apa saja yang ada di TNI AU, khususnya wilayah udara. Jadi, kegiatan ini sangat luar biasa dan menjanjikan" kata Budi saat menghadiri Gebyar Dirgantara di Pangkalan Bun, Minggu.

Dirinya pun mengapresiasi langkah Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Widi Nugroho yang menyelenggarakan Gebray Dirgantara di kabupaten setempat. Sebab, gebyar ini juga dapat menjadi hiburan sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat Kobar terkait olahraga dirgantara.

Dia mengatakan sinergi antara pemerintah dan TNI khususnya TNI AU untuk dapat di tingkatkan, terutama dalam melaksanakan pembangunan di kabupaten ini. Pemerintah daerah tanpa dukungan dari pihak-pihak lainnya khususnya TNI ini tidak mungkin melaksanakan pembangunan atau menyelenggarakan pemerintahan dengan baik, sebaliknya begitu," ucapnya.

"Saya berharap kepada pihak- pihak lainnya juga, untuk selalu menjaga dengan baik sinergi yang sudah berjalan selama ini," kata Budi.

Sementara itu, Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Widi Nugroho mengatakan, tujuan di laksanakan kegiatan gebyar dirgantara tersebut, sebagai langkah untuk memperkenalkan dirgantara kepada masyarakat.

"Sebenarnya masih banyak sekali potensi yang dapat kita gali dan bisa di perkenalkan kepada masyarakat luas," ucapnya.

Dia menyampaikan, melalui kegiatan ini dia berusaha untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa olahraga dirgantara itu bukan olahraga yang mahal. Terkait dengan akses, kemudian apa saja yang bisa di laksanakan, atau mungkin kesannya olahraga dirgantara itu olahraga yang mahal, melalui kegiatan ini kita pengen kikis terkait penilaian masyarakat terhadap olahraga dirgantara.

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Para santri harus jadi motor penggerak kemajuan bangsa

"Tidak semua olahraga dirgantara itu mahal, tetapi bisa di laksanakan dan di akses oleh masyarakat," jelasnya.

Menurut dirinya semakin kenal dengan olahraga dirgantara ini masyarakat akan semakin mencintai dunia dirgantara termasuk dengan dunia olahraganya. Untuk itulah kegiatan gebyar dirgantara ini sebagai salah satu upaya memperkenalkan dan menunjukkan lebih dekat TNI AU seperti apa kepada masyarakat.

"Jadi, masyarakat dapat akses dan dapat masuk serta mengetahui tentang olahraga dirgantara dan lebih mengenal TNI AU, dan itu merupakan salah satu upaya kita dalam mendekatkan diri kepada masyarakat," demikian Widi Nugroho.

Baca juga: Sail to Indonesia Rally 2023 diharap semakin optimalkan promosi pariwisata di Kobar

Baca juga: Pj Bupati: Produk 'Mas Basir' bantu UMKM semakin berkembang

Baca juga: Pj Bupati Kobar terima penghargaan Primaniyarta 2023 dari Kemendag