Sail to Indonesia Rally 2023 diharap semakin optimalkan promosi pariwisata di Kobar

id pemkab kobar, Layar Sail To Indonesia Rally 2023, pangkalan bun, kobar, tanjung puting, tntp, kotawaringin barat, pariwisata, kalteng, kalimantan teng

Sail to Indonesia Rally 2023 diharap semakin optimalkan promosi pariwisata di Kobar

Pengenalan salah satu permainan tradisional yaitu menyumpit kepada peserta Layar Sail To Indonesia Rally 2023 di Kotawaringin Barat, Sabtu (21/10/2023). (ANTARA/HO-Humas Dispar Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menyambut para peserta Layar Sail To Indonesia Rally 2023 yang tiba di daerah setempat.
 
"Kobar menjadi titik singgah Sail Indonesia mulai 2008 hingga sekarang, dan hari ini merupakan tahun ke-12. Kami menyambut peserta sail yang berkunjung ke sini," kata Plt Asisten II Setda Kobar Kamaludin di Pangkalan Bun, Sabtu.
 
Kamal mengatakan, dirinya berharap agenda ini dapat berlangsung hingga tahun-tahun selanjutnya dan memberikan dampak positif terhadap daerah.
 
Dia menjelaskan, wilayah setempat sudah sangat dikenal dengan keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting dan juga merupakan ibu kota dunia bagi orang utan.
 
Kabupaten Kotawaringin Barat juga merupakan tuan rumah bagi penyelenggara konferensi internasional kera besar pada 1991.
 
"Taman Nasional Tanjung Puting sangat kaya akan potensi keanekaragaman hayati lainnya, di antaranya potensi ekosistem, flora dan fauna lainnya," terangnya.

Baca juga: Pj Bupati: Produk 'Mas Basir' bantu UMKM semakin berkembang
 
Dia mengatakan, tak hanya Tanjung Puting yang menjadi unggulan, Kobar juga memiliki sejarah budaya yang sangat luar biasa, yaitu Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat dahulu merupakan Kesultanan Kutaringin.
 
"Beberapa bangunan bersejarah masa kesultanan masih berdiri di Kobar, di antaranya adalah Istana Kuning yang merupakan tempat tinggal sultan dengan keluarganya, dan ada juga rumah Pangeran Mangkubumi dan Astana Alnursari," jelasnya.
 
Kamal berharap, melalui agenda Layar Sail To Indonesia Rally 2023 semakin mengoptimalkan promosi khususnya kepariwisataan yang ada di Kobar, terutama ke luar negeri.
 
"Kami berharap para peserta dapat menikmati seluruh kunjungan selama berada di Kobar, serta menikmati seluruh kebudayaan dan kehidupan yang ada di Kobar. Para peserta dapat membantu dalam mempromosikan kota ini ke negaranya, sehingga dapat berkunjung kembali ke sini," demikian Kamaludin.