Muhammad Iqbal Zulkarnain raih yudisium terbaik FISIPOL UMPR 2023

id fisipol umpr,umpr,palangka raya

Muhammad Iqbal Zulkarnain raih yudisium terbaik FISIPOL UMPR 2023

Raih Yudisium Terbaik FISIP UMPR 2023, Muhammad Iqbal Zulkarnain Dipercaya Sebagai Ketua Forum Alumni Administrasi Negara (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Muhammad Iqbal Zulkarnain dinobatkan sebagai yudisium terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FISIPOL UMPR) pada yudisium sarjana dan pascasarjana semester genap periode tahun akademik 2022/2023.

Diikuti 144 mahasiswa/i sarjana dan pascasarjana periode semester genap tahun akademik 2022/2023 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, mahasiswa Ilmu Administrasi Negara angkatan 2019 ini menjadi yudisium terbaik dari fakultasnya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,86 sekaligus dipercaya menjadi Ketua Forum Alumni Ilmu Administrasi Negara FISIP UMPR tahun 2023.

Iqbal begitu sapaan akrabnya, merupakan mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi, baik itu di organisasi internal (dalam kampus) maupun organisasi eksternal (luar kampus), dan beberapa kali menjadi delegasi Provinsi Kalimantan Tengah dalam program nasional.

Sejak menjadi mahasiswa baru hingga lulus seperti sekarang, dia aktif berproses di beberapa organisasi di antaranya yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UMPR, Borneo Mengabdi, Komunitas Jejak Harapan, dan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat UMPR.

Selain itu, Iqbal yang merupakan demisioner Ketua BEM FISIP UMPR periode 2022-2023 ini menyelesaikan masa studinya 3 tahun 8 bulan.

“Hari ini saya melihat minat mahasiswa untuk beroganisasi mulai berkurang, salah satu faktornya ialah stigma yang berkembang di masyarakat yaitu ketika kita aktif beroganisasi, maka kuliah akan terhambat dan lulus lama," katanya.

Menurut dia, stigma yang seperti itu, yang hari ini ingin saya patahkan di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa UMPR.

Dia pun bersyukur dan merasa puas atas segala capaian yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan S1 Ilmu Administrasi Negara di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

"Semoga langkah awal ini menjadikan percikan semangat untuk terus mengasah potensi dalam diri menjadi lebih baik lagi kedepannya," kata Iqbal.