Ketua DPRD minta warga Palangka Raya bijak gunakan medsos jelang pemilu 2024

id DPRD Palangka Raya ,Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto ,Medsos,Diskominfo Kota Palangka Raya

Ketua DPRD minta warga Palangka Raya bijak gunakan medsos jelang pemilu 2024

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengingatkan dan meminta kepada warga di daerah setempat agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Bijak disini jangan menyebarkan hoaks apalagi sampai membuat dan menyiarkan konten-konten pemilu dan politik yang bisa membuat gaduh daerah," kata Sigit K Yunianto di Palangka Raya, Senin.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya tersebut menuturkan, saat ini warga yang berdomisili di daerah setempat benar-benar sudah bijak dalam menggunakan media sosial jelang tahun politik saat ini.

Bahkan dengan sudah mendaftarnya bakal calon Presiden dan Wakil Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, biasanya isu-isu yang bisa menghasut warga karena berbeda pilihan bisa bertebaran di media sosial.

"Syukurnya warga kita tidak ada yang terhasut dengan adanya beredar isu-isu yang biasanya mengadu domba, karena berbeda pilihan calon pemimpinnya. Bahkan sampai sekarang warga kita aman dan tidak ada yang dilaporkan terkait persoalan tersebut ke Kepolisian," ucapnya.

Sigit K Yunianto menghimbau kepada warga, apabila menerima informasi-informasi yang sifatnya provokatif dan bisa memecah belah antar sesama, maka masyarakat jangan mudah percaya.

"Alangkah baiknya informasi tersebut dicari benar-benar ke kebenarannya sehingga masyarakat tidak mudah membagikan informasi tersebut ke khalayak luas," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya Saipullah juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah setempat untuk bijak dalam menggunakan medsos pribadinya masing-masing.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot kembangkan sektor perikanan

"Selalu saring setiap informasi yang diterima, apalagi yang sifatnya provokatif, terlebih saat ini memasuki tahun politik medsos sangat rentan disalahgunakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," bebernya.

Saipullah juga mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) juga bisa menyaring dan mendeteksi secara dini terhadap setiap informasi yang berkembang di medsos.

"Konten yang bahaya adalah di medsos adalah terkait konten pencemaran nama baik atau mengarah ke suku, agama, ras dan antargolongan (SARA)," demikian Saipullah.

Baca juga: Kualitas mutu pendidikan di Palangka Raya harus terus ditingkatkan

Baca juga: Ketua DPRD ajak masyarakatjaga keberagaman dan toleransi jelang Pemilu 2024

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Pasar penyeimbang sangat membantu masyarakat