Legislator Palangka Raya minta puskesmas rutin laksanakan germas

id DPRD Palangka Raya,Arthur Apriossi Tuwan

Legislator Palangka Raya minta puskesmas rutin laksanakan germas

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Arthur Apriossi Tuwan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Arthur Apriossi Tuwan meminta unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas se Palangka Raya rutin melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, terlebih saat cuaca ekstrem di Palangka Raya saat ini yang bisa berubah drastis dari cerah tiba - tiba hujan lebat.

Menurut Arthur, kegiatan Germas harus dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan ini meliputi senam bersama minimal seminggu sekali, pemeriksaan kesehatan rutin, penyuluhan tentang pola hidup sehat, dan pemberian imunisasi.

“Kegiatan Germas ini sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit menular dan tidak menular di wilayah Palangka Raya," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Legislator asal partai Demokrat ini berharap UPT Puskesmas dapat bekerja sama dengan pihak terkait, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi kemasyarakatan, untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Germas.

“Senam bersama ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antara Puskesmas dan masyarakat," katanya.