Pj Bupati Barut ajak KNPI pelopori gerakan membangun daerah

id knpi barito utara,pelantikan knpi,pj bupati,barut,barito utara,kalteng

Pj Bupati Barut ajak KNPI pelopori gerakan membangun daerah

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menyaksikan penandatanganan serah terima kepengurusan KNPI setempat di Muara Teweh, Kamis (7/12/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis mengajak pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat mempelopori gerakan bersama membangun daerah ini untuk lebih maju.

"Saya harap pengurus KNPI daerah ini bergerak mempelopori ide-ide progresif yang mampu mendorong pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat menuju kemajuan," kata Muhlis pada pelantikan pengurus DPD KNPI Barito Utara periode 2023-2025 di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, sebagai wadah bagi pemuda yang memiliki semangat membara dalam membangun negeri, tentunya KNPI memiliki nafas yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Usia muda, energi yang membara, dan gagasan-gagasan progresif pemuda tentunya menjadi nilai plus yang mengiringi perjuangan muda-mudi dalam membangun negeri, sehingga dengan adanya KNPI wadah bagi gerakan pemuda dan merupakan sebuah angin segar bagi kemajuan pembangunan negeri, khususnya di Kabupaten Barito Utara.

“Selaras dengan itu, saya menantikan kiprah dan eksistensi nyata seluruh jajaran KNPI Barito Utara, dalam berkontribusi membangun daerah sehingga kehadiran KNPI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, progresivitas pemikiran hendaknya juga diwujudkan dalam program kerja dan tindakan nyata serta sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mengentaskan berbagai permasalahan yang ada. 

“Untuk itu, saya mengajak KNPI turut memberikan sumbangsih bagi penanganan problema yang masih dihadapi daerah ini seperti kemiskinan, stunting, perkawinan usia anak, angka putus sekolah, angka pengangguran, pembangkitan perekonomian daerah, dan lain  sebagainya,” kata dia.

Pemuda, kata dia lagi, merupakan modal bangsa dalam menghadapi tantangan pembangunan ke depan, atau dalam hal ini adalah agent of change. Untuk itulah, karakter generasi-generasi muda yang unggul harus dipersiapkan sedini mungkin. 

Terlebih untuk mewujudkan Generasi Emas 2045, di mana pada masa itu diproyeksikan  Indonesia akan mengalami bonus demografi, dimana penduduk indonesia berusia produktif mencapai 70 persen. 

Baca juga: Pj Bupati Barut minta masyarakat jangan buang sampah di sungai

Bonus demografi ini harus kita persiapkan dengan baik, salah satunya melalui pendidikan karakter dan menciptakan lulusan terampil siap kerja. Sebab, generasi emas dituntut untuk mempunyai kecerdasan yang komprehensif, yakni kecerdasan untuk bekerja produktif, inovatif, mampu berinteraksi sosial dengan baik, dan berperadaban unggul.

"Untuk itu kembali saya mengajak KNPI Kabupaten Barito Utara untuk ikut mempersiapkan para pemuda yang berkarakter unggul, melalui organisasi sebagai inkubator pendidikan karakter,” tuturnya.

Pengurus DPD KNPI Barito Utara periode 2023-2025 dengan ketua Ariel Rakhmadan, Sekretaris Anton Permadi dan Bendahara Mentari Septi Anggraini.

Baca juga: Pemkab Barut minta semua pihak ikut mengendalikan perubahan iklim

Baca juga: Pj Bupati Barut harapkan Satlinmas amankan pemilu dan masyarakat

Baca juga: Barito Utara panen semangka tanpa biji di Kemawen