Legislator Kalteng minta pemerintah naikkan harga karet dan rotan

id Kalimantan Tengah, Ina Prayawati, DPRD Kalteng, kalteng, DPRD Kalimantan Tengah, harga karet di kalteng, harga rotan

Legislator Kalteng minta pemerintah naikkan harga karet dan rotan

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati. ANTARA/HO-Ina Prayawati.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengaku ada menerima aspirasi dan keluhan dari masyarakat di provinsi ini, terkhusus di Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, terkait murahnya harga getah karet dan rotan.

Keluhan itu karena mayoritas masyarakat di Dusun Selatan yang menggantungkan hidupnya dari hasil getah karet dan rotan mengalami kesusahan akibat harganya terlalu murah, kata Ina di Palangka Raya, kemarin.

"Jadi, mereka mengharapkan pemerintah memberikan perhatian sekaligus membantu agar harga getah karet dan rotan bisa naik. Jangan seperti sekarang ini yang terlalu murah," ucapnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya ini, aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat sangat penting dan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. Apalagi jika berkaitan dengan perekonomian yang menjadi penunjang hidup.

Ina mengatakan harga getah karet dan rotan sudah sangat lama tidak stabil dan cenderung murah. Sementara, masih sangat banyak masyarakat Kalteng, terkhusus di pedesaan daerah aliran sungai (DAS) Barito yang menggantungkan hidupnya dari dua komoditas itu.

"Kita tentu prihatin terhadap harga dari komoditas usaha masyarakat ini. Bagi masyarakat pedesaan, usaha ini menjadi yang utama, namun dari segi harga belum mampu untuk menopang ekonomi. Jadi sudah seharusnya diperhatikan," kata Ina.

Baca juga: DPRD Kalteng ajak masyarakat berpartisipasi jaga kamtibmas jelang Nataru

Selain menyuarakan, keprihatinan terhadap harga karet dan rotan, masyarakat Desa Penda Asam juga mengajukan aspirasi lain. Masyarakat juga berharap agar pemerintah memberikan bantuan dalam sektor perikanan untuk dijadikan usaha sampingan. Hal ini diungkapkan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, karena hasil dari karet dan rotan masih dianggap kurang mencukupi.

"Masyarakat menginginkan bantuan berupa bibit ikan untuk usaha sampingan mereka, syukur-syukur jika itu berkembang bisa menjadi usaha utama. Semua aspirasi ini penting untuk diperhatikan dan ditindak lanjuti oleh pemda," demikian Ina Prayawati.

Baca juga: Legislator Kalteng minta lahan parkir dioptimalkan jadi penyumbang PAD

Baca juga: Curah hujan semakin tinggi, masyarakat Kalteng diimbau tingkatkan kewaspadaan

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat ikut lindungi satwa langka