Legislator Kalteng minta lahan parkir dioptimalkan jadi penyumbang PAD

id DPRD Kalimantan Tengah, Duwel Rawing, DPRD Kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, parkir

Legislator Kalteng minta lahan parkir dioptimalkan jadi penyumbang PAD

Ilustrasi- Kawasan parkir kendaraan roda dua. ANTARA/Moh Ridwan

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Duwel Rawing menilai lahan parkir di provinsi ini, terkhusus di perkotaan, memiliki potensi yang besar sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) apabila dioptimalkan.

Sekarang ini tinggal bagaimana semua lahan parkir yang ada tersebut dikelola secara optimal dan transparan, kata Duwel Rawing di gedung DPRD Kalteng, kemarin.

"Parkir ini kan ada retribusinya. Jadi perlu dimaksimalkan karena tujuannya meningkatkan PAD. Jangan sampai potensi ini sampai terabaikan," ucapnya.

Anggota DPRD Kalteng itu pun menyarankan semua lahan parkir yang strategis, baik pusat perbelanjaan, objek wisata dan lainnya, bisa menggunakan teknologi. Dengan begitu, pemasukan dari areal parkir dapat terdata secara baik dan transparan.

Duwel mengatakan, pengelolaan parkir di rumah sakit, hotel, bandara dan tempat lainnya sudah menggunakan teknologi. Langkah tersebut sebenarnya bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah, baik kota maupun kabupaten untuk menerapkannya.

"Jika teknologi diterapkan di semua areal parkir, kami yakin kontribusi retribusi parkir akan sangat tinggi menyumbang PAD," kata dia.

Baca juga: DPRD Kalteng ajak masyarakat berpartisipasi jaga kamtibmas jelang Nataru

Selain menggunakan teknologi, wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu juga menyarankan pemda melakukan penertiban terhadap parkir liar. Sebab, keberadaan parkir liar tersebut bukan hanya tidak berkontribusi terhadap PAD, tetapi juga mengganggu dan merugikan masyarakat.

Dia mengatakan, pemda baik di tingkat kabupaten maupun kota di Kalteng dapat melakukan tindakan tegas terhadap parkir liar dan memastikan potensi lahan parkir dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan PAD.

"Kami juga berharap pemda dapat merancang kebijakan yang efektif untuk pengelolaan lahan parkir, sehingga memberikan manfaat maksimal bagi daerah dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," demikian Duwel.

Baca juga: Curah hujan semakin tinggi, masyarakat Kalteng diimbau tingkatkan kewaspadaan

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat ikut lindungi satwa langka

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat dukung langkah pemda cegah stunting