Awal 2024 maskapai Citilink layani rute Pangkalan Bun-Jakarta

id Anggota DPD RI, Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, Teras Narang, Kalteng, Citilink, penerbangan pangkalan Bun ke Jakarta

Awal 2024 maskapai Citilink layani rute Pangkalan Bun-Jakarta

ilustrasi pesawat citilink (ANTARA/ dok)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI, yang telah membantu serta memfasilitasi hadirnya maskapai penerbangan Citilink di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Rencananya maskapai Citilink akan masuk dengan armada pesawat Airbus A320 dan memulai penerbangan dari Pangkalan Bun ke Jakarta dan sebaliknya per 5 Januari 2024, kata Teras Narang melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Sabtu.

"Informasinya, Citilink akan masuk dengan armada pesawat Airbus A320. Semoga penambahan rute penerbangan ini memberikan dampak besar melayani penumpang maupun pengiriman barang dari dan ke Pangkalan Bun serta sekitarnya," tambahnya.

Senator asal Kalteng ini pun membenarkan bahwa dirinya pada Agustus 2023, ada menyampaikan surat ke Kemenhub, agar menambah rute penerbangan dari dan ke Kalteng, terkhusus Pangkalan Bun.

Teras Narang mengatakan, penyampaian surat tersebut sebagai upaya menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait penambahan rute penerbangan dari dan ke Pangkalan Bun. Sebab, rute penerbangan dari Pangkalan Bun ke Jakarta atau sebaliknya, relatif minim bahkan bisa tidak ada sama sekali.

"Saya sebagai perwakilan daerah dan rakyat Kalteng di Nasional, tentunya harus memperjuangkan aspirasi itu. Puji Tuhan, Kemenhub mempertimbangkan dan merealisasikan surat saya terkait permintaan penambahan rute itu," ucapnya.

Baca juga: Food estate di Kalteng jadi sorotan, Teras Narang ajak publik objektif

Gubernur Kalteng periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu menilai, penambahan jadwal penerbangan ini adalah tanda baik, harapan baik. Melalui penambahan rute diharapkan kebutuhan penumpang maupun pengiriman barang bisa terlayani dengan lebih baik.

Selain itu, menurut dia, peluang-peluang usaha lain diharapkan juga bisa turut berkembang, guna menghadirkan pemerataan kesejahteraan.

"Semoga agenda ini sukses dan mendorong majunya perekonomian daerah serta berdampak bagi peningkatan kesejahteraan rakyat Kalimantan Tengah," demikian Teras Narang.

Baca juga: Masyarakat keluhkan limbah, tambak udang vaname di Sukamara perlu diaudit

Baca juga: Teras Narang ajak masyarakat laporkan perkembangan bantuan dari pemerintah

Baca juga: Cek harga pangan, Teras Narang kunjungi pasar di Kobar dan Sukamara