Teras Narang ajak masyarakat laporkan perkembangan bantuan dari pemerintah

id Teras Narang, kalteng, dpd ri, Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang

Teras Narang ajak masyarakat laporkan perkembangan bantuan dari pemerintah

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang bersama para tokoh masyarakat dan nelayan di Kabupaten Sukamara foto bersama usai melakukan dialog di Pantai Cemara Lebat, Selasa (12/12/2023). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mendorong sekaligus mengajak masyarakat, terkhusus para nelayan yang ada di Kabupaten Sukamara, agar memanfaatkan secara optimal dan melaporkan perkembangan bantuan dari pemerintah.

Permasalahan yang sering terjadi terkait bantuan dari pemerintah kepada masyarakat lemahnya pelaporan , kata Teras Narang saat bertemu para tokoh masyarakat dan nelayan di Pantai Cemara Lebat Sukamara, Selasa.

"Padahal melalui pelaporan itu, pemerintah pusat maupun daerah, bisa mengetahui sejauh mana dampak adanya bantuan tersebut terhadap usaha maupun perekonomian masyarakat. Jadi, penyampaian pelaporan itu sangat penting," ucapnya.

Anggota DPD RI itu pun menegaskan bahwa dirinya selalu siap menjadi penyambung aspirasi maupun permintaan bantuan masyarakat, terkhusus nelayan kepada pemerintah pusat. Hanya saja, jika berkaitan dengan permintaan bantuan, alangkah baiknya berkelompok ataupun koperasi.

Teras Narang mengatakan, permohonan bantuan itu pun hendaknya diperjelas secara rinci jenis bantuan yang diperlukan, dampaknya terhadap perkembangan usaha maupun meningkatkan penghasilan, serta lainnya.

"Jangan lupa, kalau sudah dibantu pemerintah, harus dijaga dan dirawat serta dilaporkan perkembangannya. Kalau itu dilakukan, saya yakin pemerintah pusat tidak akan segan-segan memberikan bantuan," kata dia.

Baca juga: Cek harga pangan, Teras Narang kunjungi pasar di Kobar dan Sukamara

Mengenai pemilu 2024 yang sedang berproses, mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu berpesan kepada masyarakat, agar lebih melihat kapasitas dan kompetensi para calon wakil rakyat, wakil daerah maupun pemimpin pemerintah di tingkat nasional hingga daerah.

Dia mengatakan, tidak cukup hanya bermodalkan baik dan royal sebagai pertimbangan dalam memilih di pemilu 2024. Sebab, seketika orang yang dipilih menjadi wakil rakyat, wakil daerah ataupun pemimpin nasional dan daerah, maka diperlukan pengetahuan yang luas serta kompetensi dalam memperjuangkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita sama-sama mendukung orang-orang yang memang punya kapasitas, kapabilitas dan kompetensi di dalam pemerintahan, baik legislatif maupun eksekutif," demikian Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang dorong pemerintah pusat membangun pabrik karet di Kalteng

Baca juga: Pemda diminta bergerak cepat selesaikan penjarahan sawit di tiga wilayah Kalteng

Baca juga: Teras Narang ajak semua pihak lawan stigma negatif ke disabilitas