Kotim raih 36 penghargaan di tengah keterbatasan anggaran

id Kotim raih 36 penghargaan selama 2023 di tengah keterbatasan anggaran, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Halikinnor

Kotim raih 36 penghargaan di tengah keterbatasan anggaran

Bupati Kotim menerima penghargaan terbaik ketiga atas kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tingkat kabupaten secara nasional yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Rabu (8/11/2023) lalu. ANTARA/HO-Channel Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia. 

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah meraih 36 penghargaan di berbagai bidang selama tahun 2023, terdiri 13 penghargaan tingkat nasional dan 23 penghargaan tingkat provinsi.

“Meski di tengah keterbatasan anggaran, Pemkab Kotim tetap bekerja keras memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Kamis. 

Tahun 2023 menjadi tahun yang cukup berat bagi Pemkab Kotim. Di samping anggaran yang memang terbatas di masa pemulihan usai pandemi COVID-19, juga ada tuntutan untuk melunasi hutang daerah, sehingga beberapa program pemerintah belum bisa terlaksana. 

Namun di tengah keterbatasan anggaran tersebut, Pemkab Kotim tetap melakukan yang terbaik dalam melayani masyarakat. Prestasi menjadi bentuk apresiasi pihak lain terhadap kinerja pemerintah daerah.

“Semoga prestasi ini akan menjadi motivasi bagi kita semua untuk bekerja lebih baik lagi di 2024 agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membawa Kotim lebih maju lagi,” demikian Halikinnor. 

Sederet penghargaan yang diterima Kotim selama 2023, dimulai dari penghargaan tingkat nasional yang pertama adalah, Kotim termasuk salah satu dari 18 kabupaten/kota terbaik se-Indonesia pada kategori insentif fiskal upaya penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan diterima langsung oleh Bupati Kotim Halikinnor. 

Kedua, juara kelurahan dalam kategori juara kelurahan tingkat provinsi tahun 2023 yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian. 

Ketiga, penghargaan Pratama menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2023 oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Keempat, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesembilan kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melalui BPK Perwakilan Kalteng.

Kelima, peringkat 1 pengelolaan Dana Desa (DD) se-Kalimantan Tengah tahun 2023 dari Menteri Keuangan. 

Baca juga: Masih banyak APK pemilu 2024 di Kotim dipasang tak sesuai aturan

Keenam, predikat tertinggi dalam kategori kepatuhan pelayanan publik tertinggi se-Kalimantan Tengah tahun 2023 dari Ombudsman.

Ketujuh, terbaik satu untuk wilayah Indonesia Tengah atas kinerja investasi Bahari oleh Wakil Presiden RI. 

Kedelapan, Terbaik III dalam kategori penilaian kinerja PTSP dan kinerja percepatan pelaksanaan berusaha pemerintah daerah tahun 2023 oleh Menteri Investasi. 

Kesembilan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori pratama tahun 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Kesepuluh, Kotim meraih penghargaan terbaik dalam Nominasi Pengendali Inflasi Terbaik Kawasan Kalimantan Tahun 2023 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Sebelas, SMK Guna Jaya raih predikat Adiwiyata Nasional dalam Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dua belas, SDS Karya Makmur Bahagia raih predikat adiwiyata nasional dalam Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Tiga belas, SDS Bumitama Cempaga Hulu raih predikat Adiwiyata Nasional dalam Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Selanjutnya, penghargaan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yaitu pertama, Kotim meraih peringkat ketiga dalam kategori keterbukaan informasi badan publik untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama kabupaten/kota yang digelar oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah. 

Kedua, Terbaik I kategori kinerja dalam upaya percepatan dan penurunan stunting terintegrasi tahun 2023 oleh Pemprov Kalteng. Ketiga, Terbaik II kategori pelaksanaan MTQ dan Hadist tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

Keempat, Juara I dalam kategori lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Kelima, Juara I kategori lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (Ttg) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Baca juga: Sekretaris DPRD Kotim resmi berganti ke Muhammad Yusuf

Keenam, Terbaik I kategori Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Inovatif Kepala Sekolah Dasar tahun 2023 diraih tenaga pendidikan Kotim bernama Eka Purdiawati, digelar oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Tengah. 

Ketujuh, Terbaik I Kategori Guru dan Tenaga Kependidikan ( Gtk) Dedikatif Kepala Sekolah Dikdas (Tk/Sd/Smp) Tahun 2023 diraih tenaga pendidikan Kotim bernama Fitriyani, digelar oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Tengah. 

Kedelapan, Dokter Teladan I tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Kesembilan, Teladan II Tenaga Kefarmasian tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Kesepuluh, Teladan I Tenaga Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Sebelas, Teladan III Bidan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Dua belas, Teladan I Ahli Gizi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. 

Tiga belas, Teladan I Analis tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Empat belas, Teladan II Kesling/Sanitarian tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023

Lima belas, predikat Paripurna diraih Puskesmas Ketapang I. Enam belas, predikat Paripurna diraih Puskesmas Samuda. 

Tujuh belas, Berprestasi I kategori Petani Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Delapan belas, Berprestasi I kategori Penyuluh Pertanian PNS Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Sembilan belas, Berprestasi kategori Penyuluh Pertanian PPPK Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Dua puluh, Berprestasi I kategori Gabungan Kelompok Tani Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Dua puluh dua, Berprestasi III kategori Balai Penyuluh Pertanian Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. 

Dua puluh tiga, Juara I dalam lomba yel-yel dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke 95 dan Ikbab tahun 2023. Terakhir, Juara III dalam  lomba stand up comedy dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke 95 dan Ikbab tahun 2023.

Baca juga: Kunjungan perdana ke Kotim, Danrem tegaskan netralitas TNI dalam pemilu

Baca juga: Pemkab berencana gelar shalat hajat untuk rayakan HUT ke-71 Kotim

Baca juga: KPU Kotim libatkan 182 orang untuk sortir dan lipat surat suara