Pemkab Kapuas optimalkan langkah pengendalian inflasi daerah

id pemkab kapuas, inflasi kapuas, penjabat bupati kapuas erlin hardi, kapuas, kuala kapuas

Pemkab Kapuas optimalkan langkah pengendalian inflasi daerah

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Sekda Septedy dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah di Kuala Kapuas, Senin (15/1/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi meminta perangkat daerah membuat dan melaksanakan langkah-langkah strategis, berkaitan dengan ditetapkannya kabupaten setempat sebagai salah daerah indikator untuk perhitungan inflasi.
 
“Kita diminta menggunakan Indeks Harga Konsumen (IHK), jadi saya meminta kepada Badan Pusat Statistik (BPS) untuk bisa setiap hari melakukan pendataan kenaikan harga, sehingga kita bisa melihat kenaikan barang dari hari ke hari di tempat kita itu apa,” pinta Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Senin.
 
Dia mengatakan dalam waktu satu minggu itu akan dibuat menjadi laporan harian, agar bersama-sama dapat mengintervensi langsung barang apa saja yang mengalami kenaikan secara signifikan.
 
Hal itu ia sampaikan setelah mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah bersama Kementrian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendagri) yang dipimpin Irjen Tomsi Tohir, secara virtual bertempat di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas.
 
Lebih lanjut Erlin Hardi juga mengaharpkan kepada OPD dan instansi terkait untuk bisa memantau bagaimana infrastruktur di dalam distribusi dari pada pasokan logistik, khususnya bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat.
 
“Tentunya apa yang telah kita ikuti bersama pada hari ini juga menjadi salah satu benang merah dan tentunya akan kita laksanakan program-program dalam rangka pengendalian inflasi sacara berkelanjutan," jelasnya.

Baca juga: Legislator minta Pemkab Kapuas optimalkan upaya peningkatan SDM masyarakat
 
Dia memaparkan, seperti pasar penyeimbang dan pasar murah, dan diharapkan khususnya wilayah Kapuas tidak terjadi lonjakan harga pangan baik pada saat hari-hari besar keagamaan maupun hari-hari tertentu.
 
Sementara itu, sebelumnya dalam arahan Irjen Tomsi Tohir mengatakan, pada rakor pengendalian inflasi di minggu kedua Januari ini lebih difokuskan kepada kenaikan harga dan upaya antisipasi.
 
“Pada Indeks Perkembangan Harga (IPH) bahan pangan di minggu kedua Januari ini, ada tiga komoditas yang naik dibanding minggu lalu, yakni bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras. Kita harus fokus mengatasi kenaikan harga tiga komoditas tersebut,” demikian Tomsi Tohir.

Baca juga: Dinas Dukcapil Kapuas jemput bola aktivasi IKD

Baca juga: Kebakaran disertai ledakan hanguskan rumah warga di Kapuas

Baca juga: Pj Bupati Kapuas paparkan capaian kinerja ke Inspektorat Jenderal Kemendagri