Kebakaran disertai ledakan hanguskan rumah warga di Kapuas

id Kebakaran disertai ledakan hanguskanrumah warga di Kapuas, kalteng, kapuas, kebakaran, damkar

Kebakaran disertai ledakan hanguskan rumah warga di Kapuas

Satu unit rumah warga di Jalan Trans Kalimantan, Kabupaten Kapuas, terbakar, Kamis (11/1/2024) pagi. ANTARA/HO-warga

Kuala Kapuas (ANTARA) - Warga Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, digegerkan dengan kejadian kebakaran sebuah rumah warga yang berada di Jalan Trans Kalimantan

“Api menghanguskan 1 unit rumah milik pak Sidik usia 69 tahun,” kata Lurah Selat Utara, Rahmad M Noor, usai kejadian, Kamis.

Asal api belum diketahui karena pada saat kejadian diketahui tiba-tiba ada suara ledakan keras dan api langsung membesar. Kebakaran itu meluluhlantakkan bangunan rumah berkonstruksi kayu tersebut.

“Kejadian sekitar 06.30 WIB, diketahui api sudah membesar membakar rumah pak Sidik tempat berada di pinggiran jalan Trans Kalimantan, Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat,” terangnya.

Saat kejadian, api berkobar cukup besar membakar bangunan yang sebagian besar berkonstruksi kayu tersebut.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas paparkan capaian kinerja ke Inspektorat Jenderal Kemendagri

Sontak kejadian ini juga menjadi perhatian warga sekitar maupun pengendara yang melintas, mengingat lokasinya tepat berada di pinggir Jalan Trans Kalimantan. Lokasi kebakaran tidak jauh dari jembatan Pulau Petak.

Upaya pemadaman kebakaran dilakukan warga sekitar dan petugas pemadam kebakaran gabungan Kapuas yang juga turut berdatangan ke lokasi kebakaran.

"Akibat kejadian ini satu unit rumah terbakar, kondisi rusak berat. Pemilik rumah atas nama Sidik usia 69 tahun," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga.

Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. Warga terdampak sebanyak satu kepala keluarga dan dua jiwa. Belum diketahui kronologis maupun asal mula munculnya api penyebab kebakaran ini. Kejadian ini masih akan diselidiki pihak berwajib.

"Kita juga akan melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan, kecamatan dan instansi terkait untuk tindak lanjutnya," demikian Panahatan Sinaga.

Baca juga: DPRD Kapuas beri penghormatan terakhir saat pelepasan jenazah Rosihan Anwar

Baca juga: Legislator kawal usulan prioritas Musrenbang Kecamatan Selat

Baca juga: Disdukcapil Kapuas jemput bola perekaman KTP-El untuk pelajar