Penjabat Bupati Bartim minta KONI identifikasi permasalahan disertai pembenahan

id pemkab bartim, koni bartim, olahraga, penjabat bupati indra gunawan, tamiang layang, barito timur

Penjabat Bupati Bartim minta KONI identifikasi permasalahan disertai pembenahan

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.   (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Indra Gunawan, meminta pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten setempat periode 2024-2028, terus menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan pemerintah daerah.
 
“Harapannya yakni segeralah bekerja, raih prestasi setinggi-tingginya dan angkat nama baik Kabupaten Barito Timur," kata Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan di Tamiang Layang, Rabu.
 
Menurutnya, KONI adalah satu-satunya organisasi yang berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan serta mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga prestasi setiap anggota di Indonesia, termasuk Barito Timur.
 
"KONI mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan, membangun watak, mengangkat harkat, dan martabat kehormatan bangsa dalam rangka ikut serta mempererat, membina persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkokoh ketahanan nasional," terangnya.

Baca juga: Anggota DPRD Bartim daftar ke PDIP jadi bacalon Wabup Barsel
 
Dia berharap KONI terus mendorong gairah masyarakat untuk berolahraga, karena membangun prestasi olahraga tidak dapat dilakukan secara instan, tapi harus ditata secara sistematis.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berolahraga dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa khususnya di Barito Timur.
 
Indra pun meminta KONI Barito Timur berbenah untuk identifikasi permasalahan dan mengevaluasi kinerja dengan mencari kelemahannya, dan diikuti dengan melakukan pembenahan.
 
Dia mencontohkan, jika kekurangan pada pelatihannya maka pelatihan-pelatihan bisa ditingkatkan dan jika kekurangan personel maka dilakukan penambahan personel. Selain itu, jika ada kekurangan pada sarana prasarana maka perlu ditingkatkan atau dibenahi.
 
“Untuk proses tersebut tentu panjang dan proses itulah yang kita tunggu sekarang,” katanya.
 
Keterlibatan dalam pembinaan KONI Barito Timur ada pada OPD teknis, yakni Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Barito Timur.
 
Indra pun juga mengingatkan tantangan KONI Barito Timur dalam waktu tidak begitu lama, yakni Porprov Kalteng 2025 yang direncanakan di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Sementara itu, diketahui pengurus KONI Barito Timur 2024-2028 yang dikukuhkan di antaranya Ketua Umum Muniko, Ketua Harian Haris Satriano, Simon Oktavianus, Febrina Margaret, Roni Suryadi, Mita Iman Sari dan pengurus lainnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim berharap GKII bermanfaat lebih optimal

Baca juga: Korban tugboat terbakar dirujuk ke Banjarmasin

Baca juga: Satu korban kebakaran tugboat meninggal dunia di RSUD Tamiang Layang