KPU Bartim: Kampanye dengan metode rapat umum disepakati

id kpu bartim, pemilu 2024, kampanye, pilpres, tamiang layang, bartim, barito timur

KPU Bartim: Kampanye dengan metode rapat umum disepakati

Pelaksana Harian Ketua KPU Bartim Novan Budiono. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
KPU Barito Timur, Kalimantan Tengah bersama pimpinan sejumlah partai politik dan tim kampanye daerah untuk calon presiden nomor urut 1, 2 dan 3 menyepakati pelaksanaan kampanye pemilihan umum melalui metode rapat umum.
 
“Tadi sudah kami sampaikan kepada peserta pemilu dan mereka sepakat," kata Plh Ketua KPU Kabupaten Barito Timur, Novan Budiono di Tamiang Layang, Minggu.
 
Menurutnya, hal utama yang disampaikan yakni berdasarkan putusan PKPU yakni Kalimantan Tengah, Barito Timur masuk zona C, dan dalam kampanye melalui metode rapat umum itu hanya bisa dilaksanakan sampai 7 Februari 2024. Sedangkan pada 8, 9, hingga 10 Februari kosong.
 
Namun dalam putusan PKPU tersebut, tambahnya, KPU juga dapat mendengarkan saran dan masukan dari peserta pemilu. Saran dan masukan di antaranya berkaitan pada 8, 9 dan 10 Februari 2024 ada perayaan Isra Miraj dan Imlek.
 
Hingga didapati kesepakatan bersama pada 8, 9 dan 10 Februari 2024 tetap dilaksanakan kampanye rapat umum dengan memperhatikan waktu pelaksanaan, dan juga memperhatikan hari serta kegiatan ibadah.
 
“Kita sampaikan, yang mau melaksanakan pesta demokrasi bisa dilaksanakan dengan memperhatikan kegiatan ibadah. Jangan sampai nanti teman-teman mau melaksanakan tapi berbenturan dengan ibadah," tutur Novan.

Baca juga: Kesbangpol Bartim minta parpol segera sampaikan laporan pertanggungjawaban 2023
 
Pihaknya juga telah memfasilitasi pembuatan jadwalnya rapat umum dan telah disepakati bersama. Novan juga mengimbau bagi setiap peserta pemilu maupun partai politik yang ingin melaksanakan rapat umum, disarankan berkoordinasi ke Polres Barito Timur terlebih dahulu untuk menyampaikan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), maupun izin keramaian.
 
“Tadi saat rapat juga sudah disampaikan Kasat Intel selaku perwakilan Polres Barito Timur yaitu berkaitan STTP dan Izin Keramaian juga mengumpulkan orang banyak dengan mengundang artis,” kata Novan.
 
Novan juga mengimbau kepada seluruh peserta pemilu dan partai politik di Bartim agar tertib dalam hal administrasi, terutama kampanye rapat umum agar dapat dipenuhi terlebih dahulu aturan-aturan dan kewajiban yang telah ditetapkan maupun disepakati bersama.
 
"Kami juga sangat mengharapkan kawan-kawan peserta pemilu maupun partai politik untuk menjaga kondusif di wilayah Kabupaten Barito Timur, agar ke depan Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dengan sukses, aman dan damai," demikian Novan Budiono.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim periksa pelayanan di Bapenda

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta ASN cegah hoaks dan jaga netralitas

Baca juga: Sebanyak 37 Kepala OPD Pembak Bartim teken perjanjian kinerja dan pakta integritas