TPPBD DPMD Kapuas sudah selesaikan 100 batas desa

id pemkab kapuas, batas desa kapuas, dpmd kapuas, dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, kuala kapuas, kapuas

TPPBD DPMD Kapuas sudah selesaikan 100 batas desa

Tim Batas Desa Dinas PMD Kabupaten Kapuas, melakukan pelacakan salah satu batas desa di daerah setempat, Kamis (25/1/2024). (ANTARA/HO-Dinas PMD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Tim Penetapan dan Penegasan Batas Desa (TPPBD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada tahun 2023 sudah menyelesaikan 100 batas desa di daerah setempat.
 
“Ada 100 batas desa yang tersebar di sebelas kecamatan sudah kita selesaikan pada tahun 2023,” kata Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, melalui anggota TPPBD PMD Kapuas A’an Meiza di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Kemudian untuk 2024 ini, lanjutnya, rencana yang paling utama terkait batas adalah mendukung pemekaran batas Kecamatan Mantangai yang nantinya terbagi menjadi tiga kecamatan.
 
“Di situ juga (batas Kecamatan Mantangai) ada sekitar 38 desa yang akan kita selesaikan. Kemarin juga kita baru melakukan pelacakan batas Desa Pematang dan Desa Sei Teras, dan mereka sudah sepakat kedua desa itu,” tuturnya.

Baca juga: DPMD Kapuas programkan Siskeudes berbasis online
 
Adapun kendala dalam melaksanakan penetapan dan penegasan batas desa di beberapa desa di kabupaten setempat, di antaranya berkaitan data, cuaca dan medan.
 
“Kendala kita banyak, paling utama itu terkait data yang belum lengkap, cuaca terkadang hujan yang menghambat kita untuk melakukan pelacakan. Kemudian medan di lapangan jarak tempuh untuk menuju lokasi untuk dilakukan pelacakan itu,” jelasnya.
 
Disamping itu, sambungnya, berkaitan desa-desa yang tidak bersepakat terkait batas wilayah mereka. Apabila tidak bersepakat maka pihaknya akan menfasilitasi kembali.
 
"Kita panggil, dan kita akan rapatkan nanti bagaimana hasilnya apakah akan diserahkan ke Pemkab Kapuas atau dikembalikan kepada masyarakatnya,” demikian A’an Meiza.

Baca juga: Pemkab Kapuas raih predikat Kepatuhan Kualitas Tinggi dari Ombudsman

Baca juga: Pj Bupati pastikan Pemkab Kapuas dukung penuh program Baznas dan UPZ

Baca juga: Seluruh Kepala desa di Kapuas diminta jaga netralitas dalam Pemilu 2024