Seluruh Kepala desa di Kapuas diminta jaga netralitas dalam Pemilu 2024

id Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kapuas, PMD kapuas, kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, kalteng

Seluruh Kepala desa di Kapuas diminta jaga netralitas dalam Pemilu 2024

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan. ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh kepala desa yang ada di wilayah setempat, agar kiranya dapat menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

"Pemerintah desa baik itu kepala desa, perangkat desa BPD dan RT semua dengan tetap menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu baik itu Presiden, Legislatif, Gubernur maupun Bupati tahun 2024 ini," kata Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Kamis .

Menurutnya, menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 ini sangat peting, karena pemerintahan desa bagian dari penyelenggara aparatur pemerintahan yang wajib untuk menjaga netralitasnya.

Selain itu, lanjutnya, diminta juga agar tetap menjaga kondusifitas di wilayah desanya masing-masing, dan senantiasa berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat atau pemerintah kecamatan ataupun lembaga-lembaga berwenang apabila ada hal-hal yang memang berpotensi menimbulkan kondisi meresahkan di masyarakat.

"Kita harapkan Pemilu ini dapat berjalan dengan damai, kondusif dan kita sebagai pemerintahan wajib menjaga semua itu (netralitas), bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib," kata Budi Kurniawan.

Mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini, juga berharap pemerintahan desa juga dapat memberikan imbauan-imbauan kepada warganya terkait Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 ini.

"Baik itu menjaga keamanan dan kenyamanan maupun untuk memberikan hak suaranya datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), sehingga tidak golput," tuturnya.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas gerak cepat sinkronisasi GNSTA

Untuk mendukung Pemilu yang aman, nyaman dan berjalan lancar, bukan hanya tanggung jawab Kepolisian atau KPU serta Bawaslu, tapi juga menjadi tanggung jawab kita semua, yang dimulai dari lingkungan masing-masing.

"Diimbau kepada seluruh jajaran aparat desa untuk terus senantiasa menjaga keamanan, ketertiban. Jangan sampai ada tindakan-tindakan yang merugikan sesama atau masyarakat terlebih mengganggu stabilitas di daerahnya masing-masing," demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Pemkab Kapuas kirim bantuan untuk daerah terdampak banjir

Baca juga: Disarpustaka Kapuas kembangkan Pojok Baca Digital

Baca juga: Pemkab Kapuas canangkan Korespondensi Bebas Kertas dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip